ADVERTISEMENT

Di Mana Surya Darmadi Pemecah Rekor Negara Rugi Usai Dibantah Singapura?

Wilda Hayatun Nufus, Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 13:14 WIB
Surya Darmadi

Foto diambil dari situs Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia)
Surya Darmadi (Foto: dok istimewa/situs Apindo)
Jakarta -

Surya Darmadi bak lenyap ditelan bumi. Buron perkara korupsi pemegang rekor merugikan keuangan negara itu sebelumnya disebut di Singapura tapi kini entah di mana.

Awalnya Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana menyebutkan pihak kejaksaan berupaya berkoordinasi dengan Atase Kejaksaan Republik Indonesia di Singapura untuk memulangkan Surya Darmadi. Namun belakangan pihak Singapura menepis bila dikatakan Surya Darmadi berada di negaranya.

"Menurut catatan imigrasi kami, Surya Darmadi saat ini tidak berada di Singapura," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Singapura melalui keterangan resminya yang disampaikan pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Kendati demikian, Singapura siap memberikan bantuan kepada Indonesia untuk mencari keberadaan Surya Darmadi. Bantuan itu akan diberikan jika pemerintah Indonesia mengajukan permintaan resmi ke Singapura.

"Jika Indonesia mengajukan permintaan resmi ke Singapura dengan informasi pendukung yang diperlukan, Singapura akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada Indonesia, dalam lingkup hukum dan kewajiban internasional kami," lanjutnya.

Mendengar hal itu, Ketut belum bisa berbicara banyak. Dia mengatakan baru akan mempelajari apa yang disampaikan Kemlu Singapura itu.

"Kita pelajari dulu ya," kata Ketut pada Senin, 8 Agustus 2022.

Lantas bagaimana dengan KPK yang juga memburu Surya Darmadi?

Silakan ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Citra KPK Terendah Versi Litbang Kompas, Firli Singgung Waktu Survei

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT