ADVERTISEMENT

Hari Remaja Internasional 2022: Tema dan Sejarah Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 21:30 WIB
Tema Hari Remaja Internasional 2022 adalah Solidaritas Antargenerasi: Menciptakan Dunia untuk Segala Usia
Hari Remaja Internasional 2022: Tema dan Sejarah Peringatannya (Foto: www.un.org)
Jakarta -

Hari Remaja Internasional 2022 jatuh pada hari Jumat, 12 Agustus 2022. Hari Remaja Internasional juga dikenal dengan sebutan International Youth Day.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Remaja Internasional? Apa tema dari Hari Remaja Internasional 2022? Simak informasinya di bawah ini.

Tema Hari Remaja Internasional 2022

Dilansir situs United Nations atau PBB Departemen Ekonomi dan Sosial Anak Muda, Hari Remaja Internasional 2022 mengusung tema 'Solidaritas Antargenerasi: Menciptakan Dunia untuk Segala Usia'. Solidaritas lintas generasi adalah kunci untuk pembangunan berkelanjutan.

Masyarakat dunia perlu berkolaborasi untuk mendorong hubungan antargenerasi yang sukses dan memastikan tidak ada yang tertinggal. Di samping itu, adanya solidaritas antargenerasi ini juga diperlukan untuk menangani isu-isu global secara bersama-sama.

Hari Remaja Internasional 2022 jatuh pada hari Jumat, 12 Agustus 2022. Hari Remaja Internasional juga dikenal dengan sebutan International Youth Day.Tema Hari Remaja Internasional 2022 adalah 'Solidaritas Antargenerasi: Menciptakan Dunia untuk Segala Usia'. (Foto: www.un.org)

Tujuan Kegiatan Solidaritas Antargenerasi

Berdasarkan catatan PBB per Maret 2021, masih banyak kaum muda yang mengalami hambatan di berbagai bidang kehidupan, seperti pekerjaan, partisipasi politik, kesehatan, dan keadilan. Oleh karena itu, kegiatan solidaritas antargenerasi bertujuan untuk meningkatkan rasa keterhubungan sosial dan memperkuat solidaritas antargenerasi, baik dari golongan muda hingga golongan tua.

Kegiatan Hari Remaja Internasional 2022: Solidaritas Antargenerasi

Salah satu contoh kegiatan sebagai bentuk solidaritas antargenerasi adalah penanganan COVID-19. Informasi dalam mencegah penyebaran COVID-19 sangat diperlukan untuk masyarakat.

Peran pemerintah, organisasi pemuda, dan kelompok masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa informasi kesehatan masyarakat yang disebarluaskan dapat dipercaya. Para pemuda dapat memanfaatkan teknologi online untuk menyebarkan informasi kesehatan masyarakat dengan cara yang menarik, seperti video untuk mempromosikan cuci tangan yang efektif atau menjelaskan bagaimana jarak sosial dapat menyelamatkan nyawa manusia dari bahaya COVID-19.

Sejarah Hari Remaja Internasional

Mengutip laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), peringatan Hari Remaja Internasional bermula dari rekomendasi hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth yang diselenggarakan di Lisbon, 8-12 Agustus 1998. Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional dalam resolusi 54/120 Tahun 1999.

Kegiatan informasi publik direkomendasikan untuk dilaksanakan demi mendukung peringatan Hari Remaja Internasional, yang juga bertujuan mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda, yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi 50/181 pada tahun 1995.

Dalam Resolusi Dewan Keamanan 2250 tentang Pemuda, Perdamaian, dan Keamanan, ada kebutuhan untuk melibatkan para pembangun perdamaian muda dalam mempromosikan perdamaian dan melawan ekstremisme, dan dengan jelas memposisikan pemuda sebagai mitra penting dalam menemukan solusi berbagai permasalahan para kaum muda saat ini.

Demikian informasi tema Hari Remaja Internasional 2022 beserta sejarah peringatannya. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT