ADVERTISEMENT

Juncto Adalah Apa? Mengenal Istilah Juncto dan Penggunaannya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 14:51 WIB
Juncto Adalah Apa? Mengenal Istilah Juncto dalam Kamus Hukum
Juncto Adalah Apa? Mengenal Istilah Juncto dalam Kamus Hukum | Foto: Getty Images/iStockphoto/Tolimir
Jakarta -

Juncto adalah apa? Juncto adalah istilah dalam hukum yang biasanya digunakan dalam penerapan pasal-pasal. Mungkin masih ada sebagian orang yang belum memahami betul apa itu Juncto.

Lantas, apa itu Juncto dalam istilah hukum? Simak informasi berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang istilah Juncto.

Juncto Adalah Apa? Pengertian Istilah Juncto dalam KBBI

Pertama, untuk mengetahui istilah Juncto artinya apa dapat merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dilansir dari laman resmi KBBI Kemdikbud, berikut adalah pengertian dari Juncto.

Juncto adalah berkenaan dengan atau berkaitan dengan atau bertalian dengan. Menurut KBBI, disebutkan juga bahwa penggunaan istilah Junco dapat disingkat dengan "Jo".

Juncto Adalah Apa? Pengertian Istilah Juncto dalam Kamus Hukum

Untuk memahami pengertian istilah Juncto adalah apa dapat merujuk pada kamus istilah hukum. Berikut penjelasan mengenai pengertian istilah Juncto dalam kamus istilah hukum yang diperoleh dari berbagai sumber.

Dikutip dari buku Kamus Istilah Hukum oleh Tim Panca Aksara, Juncto adalah mengaitkan dua peraturan perundang-undangan. Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa Juncto dalam bentuk jamak disebut "Jis" atau "Junctis".

Pengertian Juncto itu juga diperkuat dalam buku Kamus Istilah Ilmiah yang ditulis oleh Juni Ahyar dan Muzir. Dikutip dari buku tersebut, Juncto adalah dihubungkan atau dikaitkan, dapat berupa undang-undang, pasal, ketentuan-ketentuan yang lainnya. Juncto juga biasa disingkat dengan "Jo".

Lantas, bagaimana penggunaan istilah Juncto itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Juncto Adalah Apa? Penggunaan Istilah Juncto dalam Hukum Pidana

Seperti diketahui dari informasi sebelumnya, Juncto adalah mengaitkan dua peraturan perundang-undangan, seperti pasal atau ketentuan-ketentuan lainnya. Penggunaan istilah Juncto atau yang disingkat dengan Jo dalam bentuk jamak disebut dengan Junctis atau Jis. Berikut contoh penggunaan istilah Juncto dalam kasus tindak pidana.

Contoh Penggunaan Istilah Juncto dalam Kasus Brigadir J:

Penggunaan istilah Juncto sempat disebutkan dalam penggunaan pasal yang disangkakan kepada tersangka dalam kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Seperti dalam kasus tersebut, sejauh ini telah ditetapkan dua tersangka yang dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.

Dua tersangka kasus Brigadir J itu dijerat dengan pasal yang berbeda. Bharada Eliezer dijerat dengan Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Sementara Brigadir Ricky dijerat dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Berikut bunyi Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP tentang Pembunuhan yang dikutip dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang dilansir dari situs resmi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Mahkamah Agung-RI adalah sebagai berikut:

Isi Pasal 338 KUHP:

Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

Isi Pasal 55 KUHP Ayat (1):

Dipidana sebagai pelaku tindak pidana:
1. mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan;
2. mereka yang dengan memberi atau menjanjikan sesuatu dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat, dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan, atau dengan memberi kesempatan, sarana atau
keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan

Isi Pasal 55 KUHP Ayat (2):

Terhadap penganjur, hanya perbuatan yang sengaja dianjurkan sajalah yang diperhitungkan, beserta akibat-akibatnya.

Isi Pasal 56 KUHP:

Dipidana sebagai pembantu kejahatan:
1. mereka yang sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan
2. mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan.

Demikian informasi tentang pengertian istilah Juncto adalah apa. Juncto artinya mengaitkan dua peraturan perundang-undangan, seperti pasal atau ketentuan-ketentuan lainnya. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT