ADVERTISEMENT

Tersangka RR di Kasus Brigadir Yoshua: Ini Sosok Brigadir Ricky

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 11:35 WIB
Tersangka RR dalam kasus penembakan Brigadir Yoshua adalah Brigadir Ricky Rizal. Siapa sosok Brigadir Ricky Rizal ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.
Tersangka RR di Kasus Brigadir Yoshua: Ini Sosok Brigadir Ricky (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Tersangka RR dalam kasus penembakan Brigadir Yoshua adalah Brigadir Ricky Rizal. Brigadir Ricky Rizal diketahui sebagai ajudan dari istri Ferdy Sambo.

Setelah sebelumnya Bharada E yang ditetapkan menjadi tersangka, kini Brigadir RR juga dikenakan pasal pembunuhan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tersangka RR: Ajudan Istri Ferdy Sambo

Brigadir Ricky Rizal (RR) resmi menjadi tersangka baru dalam kasus penembakan Brigadir J atau Brigadir Yoshua. Jika Bharada E diketahui sebagai sopir Irjen Ferdy Sambo, Brigadir RR adalah ajudan istri Ferdy Sambo.

Tersangka RR dalam kasus penembakan Brigadir Yoshua adalah Brigadir Ricky Rizal. Siapa sosok Brigadir Ricky Rizal ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.Tersangka RR dalam kasus penembakan Brigadir Yoshua adalah Brigadir Ricky Rizal. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)

Brigadir RR Dijerat Pasal Pembunuhan

Tersangka RR juga dikenakan pasal pembunuhan yang berbeda dengan Bharada E. Pasal pada Brigadir RR adalah Pasal 340 KUHP juncto 338 juncto 351 ayat (3) juncto 55 dan 56 KUHP.

"(RR disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada detikcom, Minggu (7/8).

Pasal 340 KUHP berbunyi:

Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.

Adapun, Pasal 55 KUHP berbunyi:

  1. Dipidana sebagai pelaku tindak pidana:
    1. Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan;
    2. Mereka yang dengan memberi atau menjanjikan sesuatu, dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat, dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan, atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan.
  2. Terhadap penganjur, hanya perbuatan yang sengaja dianjurkan sajalah yang diperhitungkan, beserta akibat-akibatnya.

Lalu, Pasal 56 KUHP berbunyi:

  1. Mereka yang sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan; 2. Mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan.

Tersangka RR Ditahan di Bareskrim

Brigadir Ricky Rizal adalah tersangka baru dalam kasus penembakan Brigadir J. Dirinya telah ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

"Sudah ditahan di Bareskrim," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi, Minggu (11/8/2022).

Kesaksian RR di Komnas HAM Soal Penembakan Brigadir J

Tersangka RR atau Ricky Rizal sempat memberikan keterangan soal kasus penembakan Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo. Ia mengaku mendengar teriakan istri Ferdy Sambo, Ibu P.

"Iya menurut dia, itu kan keterangan satu pihak, dia mendengar teriakan, kita nggak bisa begitu saja menerima kita harus cross check lagi dengan bukti-bukti lain," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, dikutip detikcom, Senin (8/8/2022).

Taufan menyebutkan, Ricky kepada Komnas HAM mengaku mendengar teriakan istri Ferdy Sambo. Namun, baik Ricky maupun Bharada E tidak mengetahui penyebab istri Ferdy Sambo berteriak.

"Ya nggak tahu dia bilang, makanya soal peristiwa pelecehan seksual itu, itu yang bisa memberikan keterangan hanya Bu P, Joshua sudah meninggal. Bharada E dan Ricky dia hanya mendengar teriakan, dia tidak tahu mengapa terjadi teriakan itu," katanya.

Simak Video 'Update Kasus Brigadir J: Brigadir Ricky Tersangka Pembunuhan Berencana':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT