ADVERTISEMENT

Blak-blakan Bharada E Ungkap Nama-nama di Kasus Brigadir J

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 07:13 WIB
Jakarta -

Nama-nama yang terlibat dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J diungkap oleh Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. Kesaksian Bharada E itu dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

Kesaksian Bharada E ini diungkapkan oleh pengacara barunya Muhammad Boerhanuddin. Bharada E disebut sudah menjelaskan semuanya ke penyidik.

"Semalam (Sabtu) kan udah di-BAP. Semua udah disebutin, udah dijelasin semua di situ," kata Boerhanuddin saat dimintai konfirmasi, Minggu (7/8/2022).

Namun Boerhanuddin enggan menyebutkan nama-nama yang disebutkan Bharada E dalam BAP. Dia memastikan pihak yang terlibat lebih dari satu orang.

"Nggak bisa (disebutkan). Itu kepentingan penyidikan, belum bisa kita publish. Yang penting udah terang-benderang sedari semalam gitu, adanya pengakuan dari Bharada E," jelas Boerhanuddin.

"Ya nanti ikuti saja perkembangannya. Ada beberapa nama sih dari pihak kami," sambungnya.

Bharada E Siap Berterus Terang

Pengacara Bharada E lainnya, Deolipa Yumara, mengatakan kliennya bukanlah pelaku utama di kasus kematian Brigadir J. Deolipa mengatakan kliennya akan membuka kasus tersebut dengan terus terang.

"Ya Richard akan membuka sepenuhnya, Richard akan berterus terang (mengakui bukan pelaku utama)," papar Deolipa saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (7/8).

Deolipa menyebut kliennya berterus terang terlibat peristiwa kematian Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Namun soal apakah Bharada E terlibat dalam penembakan, ia serahkan kepada tim penyidik.

"Dia berterus terang terlibat, masuk wilayah penyidikan (terkait penembak Brigadir J)," ungkapnya.

Dia menegaskan Bharada E bukanlah pelaku utama. Berdasarkan keterangan kepada kuasa hukum, Bharada E mengaku ada yang memerintahkan.

"Ya betul (mengaku bukan pelaku utama), ada yang memerintahkan," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT