Pengacara: Bharada E Akan Terus Terang, Ada yang Perintahkan

ADVERTISEMENT

Pengacara: Bharada E Akan Terus Terang, Ada yang Perintahkan

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 16:02 WIB
Bharada E memenuhi panggilan Komnas HAM. Ia dimintai keterangan terkait kasus baku tembak antara Bahrada E dengan Brigadir J.
Bharada E berpakaian hitam saat di Komnas HAM. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Deolipa Yumara, mengatakan kliennya bukanlah pelaku utama dalam kasus tewasnya Brigadir J. Deolipa mengatakan kliennya akan membuka kasus tersebut dengan terus terang.

"Ya Richard akan membuka sepenuhnya, Richard akan berterus terang (mengakui bukan pelaku utama)," papar Deolipa saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (7/8/2022).

Deolipa menyebut kliennya berterus terang terlibat peristiwa kematian Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Namun, soal apakah Bharada E terlibat dalam penembakan, ia serahkan kepada tim penyidik.

"Dia berterus terang terlibat, masuk wilayah penyidikan (terkait penembak Brigadir J)," ungkapnya.

Dia menegaskan Bharada E bukanlah pelaku utama. Berdasarkan keterangan kepada kuasa hukum, Bharada E mengaku ada yang memerintahkan.

"Ya betul (mengaku bukan pelaku utama), ada yang memerintahkan," tuturnya.

Bharada E Siap Jadi Justice Collaborator

Deolipa Yumara juga sebelumnya menyatakan kliennya akan mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC). Bharada E siap menjadi JC dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

"Tentunya kita melihat ini penting untuk dilindungi sekarang saksi kunci walaupun tersangka, tapi penting sehingga kami bersepakat kita ajukan diri yang bersangkutan (Bharada E) sebagai justice collaborator," kata Deolipa di gedung Bareskrim Polri, Sabtu (6/8).

Deolipa menyebut Bharada E juga akan meminta perlindungan hukum kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Rencananya, pihak Bharada E akan mendatangi LPSK pada Senin (8/8) besok.

"Dan kita juga meminta perlindungan hukum kepada LPSK. Kami hari Senin pagi upayakan itu," ujarnya.

Deolipa kemudian menjelaskan alasan Bharada E siap menjadi JC dan meminta perlindungan hukum kepada LPSK. Dia melihat Bharada E dapat menjadi saksi kunci dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Simak Video 'Pengacara Sebut Kondisi Bharada E Sudah Tak Tertekan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT