Asa Damai Roy Suryo hingga Minta Jadi Tahanan Kota

ADVERTISEMENT

Asa Damai Roy Suryo hingga Minta Jadi Tahanan Kota

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 07:26 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengunjungi redaksi detiksport di Gedung Aldevco, Jakarta Selatan, Jumat (1/2). Kunjungan ini dimaksudkan untuk bersilahturahmi dan berdiskusi seputar permasalahan olahraga. File/detikFoto.
Roy Suryo. (Agung Pambudhy/detikcom)


Tanggapan Pelapor atas Penahan Roy Suryo

Polda Metro Jaya resmi menahan Roy Suryo, tersangka kasus dugaan penistaan agama malam tadi. Roy Suryo ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Polda Metro Jaya. Lantas bagaimana respons pelapor?

"Ketika Pak Endra Zulpan (Kabid Humas Polda Metro Jaya) menyampaikan berita bahwa Saudara RS ditahan, saya tidak langsung bergembira atas kabar itu. Tapi ketika beliau (Kombes Zulpan) mengatakan 'karena semua sama di mata hukum' hati saya langsung bergetar," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8/2022).

Kevin mengatakan, yang awalnya dia kecewa karena Roy Suryo sempat tidak ditahan. Apalagi, masyarakat begitu besar menaruh harapan keadilan hukum kepada Polri.

"Tiba-tiba timbul lagi harapan dan kepercayaan yang begitu besar kepada institusi hukum di tanah air ini. Karena salah satu poin yang kami perjuangan dalam kasus ini adalah 'menuntut kesamaan hukum bagi semua anggota masyarakat, tanpa kecuali'," ujarnya.

Kevin menyebut proses penahanan Roy Suryo bukan hanya membangkitkan semangat dan harapan umat Buddha. Tetapi juga indikasi keadilan di Indonesia berjalan semestinya. Lebih lanjut, Kevin mengajak semua pihak untuk senantiasa mengawal kasus tersebut.

"Saya percaya kejadian malam tadi (penahanan) bukan hanya membangkitkan semangat dan harapan bagi semua anggota Dharmapala Nusantara, namun juga tegaknya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata dia.

"Kami tahu ini bukanlah akhir dari perjuangan ini, boleh dikatakan ini barulah permulaan. Oleh karenanya kami tetap mengajak semua pihak untuk terus mengawal kasus ini hingga tuntas nantinya," imbuhnya.


(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT