ADVERTISEMENT

KSAD Dudung Bicara Ancaman terhadap Keutuhan NKRI hingga Krisis Pangan

Muchammad Sholi - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 20:54 WIB
KSAD Jenderal Dudung (dok. TNI AD)
KSAD Jenderal Dudung (Foto: dok. TNI AD)
Bogor -

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan ancaman terhadap kedaulatan ideologi Pancasila dan ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini menjadi tantangan serius bagi Indonesia. Selain itu, Dudung berbicara mengenai ancaman krisis energi dan pangan.

Hal itu disampaikan Jenderal Dudung saat memberi sambutan Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Di abad ini, sebagai bangsa, kita berhadapan dengan dua tantangan serius, ancaman terhadap ideologi Pancasila dan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, kita sewajarnya untuk merumuskan pertanyaan yang penting untuk abad ini. Berdasarkan pengalaman menjalani reformasi TNI yang dirumuskan 24 tahun yang lalu, tidak perlukah kita mendefinisikan ulang batas keamanan dan pertahanan?" kata Jenderal Dudung, Jumat (5/8/2022).

"Apakah soal kedaulatan ancaman penggantian ideologi Pancasila adalah masalah keamanan, atau sudah masuk dalam ranah pertahanan? Apakah soal kedaulatan negara menghadapi ancaman separatisme dan pemisahan wilayah, perusakan kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan masalah keamanan atau sudah masuk ranah pertahanan? Mari sama-sama kita renungkan pertanyaan-pertanyaan penting itu," tambahnya.

Jenderal Dudung mengatakan reformasi TNI yang dilajukan 24 tahun lalu telah membawa banyak kemajuan di tubuh TNI. Namun, menurutnya, rumusan-rumusan reformasi tidak harus terjadi satu kali. Karena setiap zaman, muncul pertanyaan-pertanyaan dan tantangan yang berbeda.

"Dalam kerangka itu marilah kita syukuri bahwa reformasi TNI telah membawa kita pada berbagai kemajuan. Tetapi reformasi itu juga tidak bisa dirumuskan sekali untuk selamanya. Pertanyaan setiap zaman berbeda, rumusan pertanyaan setiap zaman berbeda," ungkap Dudung.

Jenderal Dudung yang juga pembina PPAD mengatakan, Silaturahmi Nasional PPAD 2022 mengusung tema memperkokoh persatuan untuk kemakmuran bangsa. Dalam kegiatan ini, Dudung mengajak para purnawirawan TNI AD untuk selalu terlibat aktif dalam menghadapi persoalan dan tantangan terbaru setiap zaman.

Lihat juga video 'Liga Santri di Jombang Ricuh, Suporter Merangsek Masuk Lapangan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT