ADVERTISEMENT

Alasan RK Ajak Bonge Resmikan Situ Rawakalong: Suaranya Didengar

M Sholihin - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 18:16 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) berjalan bersama Bonge (kiri) di atas floating brigde saat peresmian Situ Rawa Kalong di Curug, Depok, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). Selesainya revitalisasi Situ Rawa Kalong yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti jogging track, tembok mural dan floating brigde bertujuan menjadikan situ sebagai tempat destinasi wisata.
Ridwan Kamil dan Bonge (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Depok -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) mengungkap alasannya mengajak Satria Saputra atau Bonge dalam peresmian Situ Rakawalong, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sengaja menggandeng ikon Citayem Fashion Week yang viral sejak beberapa pekan terakhir itu untuk memberikan pengaruh positif baik bagi Bonge dan kawan-kawan maupun warga sekitar.

"Ya hari ini siapa pun bisa kita ajak asal memberikan pengaruh positif lah ya. Kalau Bonge hari ini viral karena ekspresinya, kalau kurang kami arahkan agar lebih baik. Yang baik tentu kami sempurnakan dan tadi Bonge juga sudah menyampaikan jaga kebersihan dan ketertiban, sama jangan buang sampah sembarangan, kalau buang mantan pada temannya. Kebetulan Bonge yang dipilih karena suaranya lagi didengar," kata Kang Emil, di Depok, Jumat (5/8/2022).

Kang Emil menyebut revitalisasi Situ Rawakalong merupakan upaya Pemkot Depok dan Pemprov Jawa Barat memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok. Dia pun senang warga antusias datang ke Situ Rawakalong.

"Alhamdulillah upaya dari Pemkot Depok dan Pemprov Jabar untuk memberikan ruang publik yang berkualitas kepada warga Kota Depok, salah satunya sudah bisa kita hadirkan di hari ini," kata Kang Emil.

"Rekan rekan media bisa lihat antusiasme warganya luar biasa. Menandakan bahwa hidup itu memang harus seimbang, ada waktu untuk sibuk mencari uang dan ada juga waktu berkualitas bersama keluarga untuk rekreasi yang tak perlu jauh jauh," tambahnya.

Situ Rawakalong yang semula tampak tak terurus kini berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang mudah diakses oleh warga. Inovasi panggung di atas air diharapkan jadi tempat berekspresi dan kreasi warga.

"Paket wisata aja. Jadi disini itu yg penting dulunya sudah diakses, sekarang mudah diakses. Dulu susah duduk duduk tenang, sekarang tempat kita doorstop aja teduh ya. Yang terpenting fasilitasnya tadi ada panggung yg mengapung di air, istimewa, Instagramable, dan bikin warga Depok bahagia," kata Emil.

"Di sini juga warga silakan berekspresi, apa pun yang penting tetap jaga ketertiban, tidak mengganggu kepentingan umum, dan jaga kebersihan," tambahnya.

Saat peresmian, Kang Emil juga sempat berjalan jembatan menuju panggung di atas air. Bersama Bonge dan kawan-kawan, Kang Emil berjalan ala model menyusuri jembatan apung yang dijadikan tempat catwalk.

Dalam peresmian itu turut hadir Wali Kota Depok Mohammad Idris. Kang Emil menyebut revitalisasi Situ Rawakalong yang menelan dana Rp 20 miliar ini akan dilanjutkan dengan revitalisasi situ lain yang ada di Depok.

"Kekayaan Depok adalah situnya banyak atau danaunya. Insyaallah ini bukan yang pertama, nanti situ-situ lainnya juga insyaallah pelan-pelan kami perbaiki. Dana? Rp 20 miliar ya, uang rakyat kembali ke rakyat. (Yang lainnya) akan revitalisasi infrastruktur underpass Dewi Sartika, masjid di Margonda, lagi ngedesain alun-alun di situ tujuh muara, banyak kok di Depok," kata Emil.

Simak video 'Ridwan Kamil Pamer Situ Rawa Kalong, Siap untuk Diresmikan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT