ADVERTISEMENT

KPK Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Restitusi Pajak Tol Solo-Kertosono

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 16:50 WIB
Jumpa pers KPK soal kasus korupsi restitusi pajak di Pare
Jumpa pers KPK soal kasus korupsi restitusi pajak di Pare. (Muhammad Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK menahan tiga tersangka dugaan tindak pidana korupsi (TPK) berupa suap di Kantor Pajak Pratama (KPP) Pare, Jawa Timur. Perkara ini berkaitan dengan pembangunan Tol Solo-Kertosono.

Pantauan detikcom di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pukul 16.31 WIB, Jumat (5/8/2022), para tersangka turun dari ruang pemeriksaan penyidik. Mereka terlihat mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye dengan tangan telah diborgol. Ada 3 orang yang menggunakan rompi oranye itu.

Berikut data para tersangka:

Pemberi
1. TA selaku Swasta, Kuasa Joint Operation PT Wika dan PT PP Serta CRB

Penerima
2. AR selaku supervisor penerima Pajak KPP Pare
3. SHR selaku swasta

Adapun dalam perkara ini, KPK tengah mengusut kasus dugaan suap pengurusan restitusi pajak dalam proyek pembangunan Tol Solo-Kertosono. KPK mengaku telah mengantongi cukup alat bukti dalam perkara ini.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut hingga saat ini penyidik masih terus mengumpulkan alat bukti. Salah satunya keterangan sejumlah saksi yang berasal dari pemeriksaan dalam perkara ini.

"Proses penyidikan perkara ini pun telah dilakukan pengumpulan alat bukti oleh Tim Penyidik, di antaranya pemeriksaan berbagai saksi yang dapat menerangkan dugaan perbuatan pidana dimaksud," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Ali Fikri menyebut, berdasarkan hasil penyelidikan dan bukti permulaan yang cukup, KPK telah menetapkan sejumlah tersangka dalam perkara ini. Namun, penjelasan soal kasus ini bakal disampaikan saat pengumuman penetapan dan penahanan tersangka nantinya.

"KPK tentu akan menyampaikan rilis resmi terkait pihak-pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka, kronologi dugaan perbuatan pidananya termasuk pasal-pasal pidana yang disangkakan, saat dilakukan upaya paksa penangkapan dan penahanan," kata Ali.

Lihat juga video 'Fakta Mardani Maming, Tersangka Suap dan Gratifikasi Rp 104,3 miliar':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT