Komnas HAM Analisis Raw Material Data Ponsel di Kasus Brigadir J

ADVERTISEMENT

Komnas HAM Analisis Raw Material Data Ponsel di Kasus Brigadir J

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 16:23 WIB
Beka Ulung Hapsara
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, mengungkap hasil pemeriksaan tim khusus dan tim Siber Polri terkait kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Beka mengatakan pihaknya mendapatkan sejumlah dokumen digital yang disebut 'raw material'.

"Apa saja kira-kira yang tadi kami mintakan keterangan atau yang kami dapatkan? Foto, kemudian dokumen, kontak, akun, percakapan chat dan temuan digital lainnya," kata Beka dalam konferensi pers di Komnas HAM, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (5/8/2022).

Beka menuturkan tim dari Polri menunjukkan sejumlah dokumen terkait investigasi kasus Brigadir J. Beka mengatakan akan menganalisis sejumlah raw material yang didapat dari Polri.

"Kami juga ditunjukkan sejumlah dokumen administrasi penyidikan," ucap Beka.

"Komnas HAM mendapatkan sejumlah raw material, jadi bahan-bahan dasar soal percakapan dan sebagainya, yang itu akan kami analisis lebih lanjut," imbuh Beka.

Sebelumnya, Komnas HAM memeriksa dan meminta keterangan tim Siber dan tim khusus Polri dalam kasus kematian Brigadir J atau Yoshua Hutabarat. Komnas HAM berhasil mengkonfirmasi bahan-bahan temuan dari Jambi berkat data dari tim Siber Polri.

"Ini kalau bagi Komnas HAM ini sangat penting, itu adalah soal konstrain waktu yang sejak awal kami dapatkan dari Jambi. Itu juga terukur dari hasil pendalaman kami dalam 10 HP tersebut. Di konstrain waktunya terkonfirmasi, ya, substansinya juga terkonfirmasi," kata komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Pemeriksaan tim Siber dan tim khusus Polri digelar dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Anam mengatakan proses pemeriksaan berjam-jam ini membantu mengkonfirmasi temuan Komnas HAM di Jambi.

"Tadi selama proses dari pagi sampai sore itu bahan-bahan yang kami dapatkan dari Jambi itu terkonfirmasi, satu, soal waktunya, konstrain waktunya, yang kedua soal substansinya," kata dia.

Simak video 'Komnas HAM Bicara soal Peluang Tersangka Lain di Kasus Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT