ADVERTISEMENT

Luhut Nyatakan Saat Ini Belum Perlu Lockdown

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 13:42 WIB
luhut binsar
Luhut Binsar Pandjaitan (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kondisi COVID-19 di Indonesia masih relatif terkendali. Pemerintah belum akan menerapkan kebijakan seperti lockdown.

"Jadi COVID-19 menurut hemat saya sangat berpengaruh bagaimana kita nangani, saya sudah sebutkan TNI-Polri yang sudah sangat bagus dan sehingga kita lihat sekarang rumah sakit, rawat inap terkendali, BOR masih terkendali, jumlah orang meninggal juga terkendali. Sehingga dengan demikian kita belum melakukan tindakan-tindakan yang seperti lalu lockdown, belum akan kita lakukan," kata Luhut dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD seperti ditayangkan di akun YouTube PPAD TNI, Jumat (5/8/2022).

Luhut mengatakan hal itu setelah tadi malam menggelar rapat bersama jajaran BNPB. Dia pun berpesan kepada para purnawirawan TNI AD untuk menjaga protokol kesehatan.

"Yang saya titip semua kepada purnawirawan kita sudah mulai tua-tua, booster itu lakukan, saya ulangi booster itu lakukan. Masker itu di ruangan tertutup dilakukan kemudian ketiga cuci tangan itu dilakukan saya titip betul ini, dan Pedulilindungi anda gunakan. Ini kesehatan kita masing-masing kalau Anda masih mau umur panjang tidak kena karena COVID, lakukan apa yang saya sampaikan itu karena itu dari saran para ahli," beber Luhut.

Tak Ada yang Sakti Lawan COVID

Luhut meminta semua pihak waspada terkait kenaikan COVID-19. Menurut dia, tak ada pihak yang sakti menghadapi pandemi.

"Saya ulangi hati-hati dengan pandemi, karena tidak ada yang sakti menghadapi pandemi ini. Saya kemarin di Rusia, tingkat penularan di Rusia itu masih lebih tinggi dibanding kita padahal keadaan Kota Moskow itu sangat bersih," ujar Luhut.

Luhut mengatakan penanganan kasus COVID-19 di Indonesia menjadi terbaik di ASEAN. Selain itu, penanganan kasus Corona di Indonesia juga mendapat apresiasi dari sejumlah negara dunia.

"Nah ini sebenarnya banyak dari kerja keras TNI dan Polri," ujar Luhut.

Lihat video 'Warning! Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat 15 Kali Lipat':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT