ADVERTISEMENT

Curhat Roy Suryo di Kasus Meme Stupa Jelang Diperiksa Hari Jumat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 06:47 WIB
Roy Suryo tumbang usai pemeriksaan tersangka hampir 12 jam.
Roy Suryo tumbang usai pemeriksaan tersangka hampir 12 jam. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Roy Suryo hari ini. Roy Suryo akan diperiksa kembali sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait postingan meme stupa Candi Borobudur.

Roy Suryo memberikan keterangan persnya kepada wartawan, pada Rabu (3/8), atau dua hari menjelang diperiksa untuk ketiga kalinya hari Jumat (5/8) ini. Dalam keterangan persnya itu Roy Suryo memberikan penjelasan terkait kronologi postingan meme stupa Borobudur hingga dirinya jadi tersangka.

Roy Suryo juga menjelaskan ada akun lain yang menyebarkan pertama meme stupa Candi Borobudur tersebut. Ia menyebutkan dirinya melapor lebih dahulu, tetapi malah jadi tersangka.

Roy Suryo: Lapor Pertama Malah Jadi Tersangka

Seperti diketahui, Roy Suryo memang buru-buru melapor ke Polda Metro Jaya begitu menyadari postingan meme stupa Candi Borobudur di akun Twitter @KRMTRoySuryo2 menuai kritik.

Roy Suryo melaporkan akun yang disebutnya menyebarkan pertama meme stupa Candi Borobudur itu pada 16 Juni 2022. Ada tiga akun yang ia sebut pertama kali menyebarkan meme stupa.

Roy Suryo juga telah meminta perlindungan saksi ke LPSK. Namun rekomendasi LPSK ditolak dan polisi menetapkannya sebagai tersangka.

"Tanggal 20 Juli 2022, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) sudah mengeluarkan rekomendasi perlindungan kepada saya selaku saksi pelapor, namun ternyata status saya malah naik jadi tersangka," ujar Roy Suryo dalam keterangan pers, Kamis (4/8/2022).

Roy Suryo: Tak Pernah Diklarifikasi Sebelumnya

Selang sehari setelah Roy Suryo lapor Polda Metro, organisasi Buddha, Dharmapala Nusantara, melaporkan Roy Suryo ke Polda Metro tetapi ditolak.

Baru kemudian 20 Juni 2022, pelapor Kevin Wu dan Kurniawan melaporkan Roy Suryo. Atas dua laporan tersebut, Roy Suryo mengaku dirinya tak pernah diklarifikasi sebelumnya.

"Jadi dua laporan mereka inilah yang diproses di Polda Metro Jaya hingga status kasus tersebut dinaikkan ke penyidikan, tanpa saya pernah diklarifikasi sebelumnya," ucapnya.


Baca di halaman selanjutnya: Roy Suryo jelaskan urutan postingan meme stupa.

Simak Video: 2 Kondisi Roy Suryo Usai Pemeriksaan dan Kumpul-kumpul

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT