ADVERTISEMENT

Gojek Gelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022, Hadiah Total Puluhan Juta

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 17:02 WIB
Gojek
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Gojek kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2022, sebuah ajang kompetisi karya jurnalistik feature dan foto untuk seluruh insan pers Tanah Air. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KPAB 2022 kali ini menyertakan kategori Kompetisi Foto KPAB 2022 dengan menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Deputy Chief of Corporate Affairs Gojek Audrey Progastama Petriny mengatakan gelaran KPAB 2022 bertujuan untuk untuk mengapresiasi karya jurnalistik terbaik dari para insan pers. Adapun ajang KPAB telah memasuki tahun ke-3 sejak pertama kali diadakan pada 2020.

"Tujuan utama (KPAB) adalah untuk mengapresiasi karya jurnalistik, di mana karya ini telah mampu memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai berbagai program gojek. KPAB juga kami gelar untuk mendorong peningkatan produk jurnalistik di Indonesia," ujar Audrey dalam acara Peluncuran KPAB 2022 dan Webinar dengan tema 'Kontribusi Gojek dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional kala Pandemi', Kamis, (4/8/2022).

"KPAB 2022 kali ini menghadirkan 4 juri ternama, ada Fira Basuki dan Arifin Asydhad untuk Kategori Feature. Ada pula Hermanus Prihatna, dan Hendra Suhara untuk Kategori Foto," imbuhnya.

Audrey menjelaskan saat kompetisi feature dan foto ini akan digelar mulai 4 Agustus hingga 31 Oktober 2022 dan pemenang akan diumumkan pada 8 Desember 2022. Tahun ini, KPAB akan mengusung tema besar 'Kontribusi Gojek dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional di Tengah Pandemi'. Adapun tema besar ini terbagi menjadi sub-tema sebagai berikut.

  • Konsumen (Platform Gojek beri kemudahan bagi konsumen termasuk memberikan solusi terhadap tantangan di tengah pandemi).
  • Driver (Platform Gojek jadi penopang ekonomi mitra pengemudi).
  • Merchant (Kontribusi Gojek mendorong ekonomi UMKM dan daerah).
  • Sustainability (Upaya Gojek mendorong Indonesia tumbuh berkelanjutan sesuai Komitmen Tiga Nol.
  • SDM (Peran talenta digital dalam menghadirkan inovasi dan teknologi guna mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi).

"Kelima hal ini menjadi fokus ataupun prioritas Gojek di tahun 2022, dan pada akhirnya semua inisiatif yang kami lakukan ini turut mendorong pemulihan ekonomi nasional," kata Audrey.

Adapun untuk pemenang kompetisi KPAB 202, kata Audrey, Gojek telah menyiapkan hadiah puluhan juta. Adapun untuk kategori Feature Nasional dan Regional akan mendapatkan Rp 12.500.000 (Juara 1), Rp 10.000.000 (Juara 2), Rp 7.000.000 (Juara 3), dan 5 voucher GoPay Rp 1.000.000 untuk 5 nominasi terbaik.

Sementara untuk Kategori Foto, pemenang akan mendapatkan Rp10.000.000 (Juara 1), Rp7.500.000 (Juara 2), dan Rp5.000.000 (Juara 3), 5 voucher GoPay Rp1.500.000 untuk 5 favorit juri, dan 5 voucher GoPay Rp 500.000 untuk 5 nominasi terbaik.

"Penilaian terhadap karya jurnalistik akan mempertimbangkan beberapa kriteria. Pertama, apakah karyanya original. Kedua, pemahaman penulis, yaitu kesesuaian informasi dengan tema, serta kedalaman informasi. Selanjutnya, kualitas tulisan, yaitu bahasanya, strukturnya, dan kelengkapan tulisan," paparnya.

"Ada juga analisa dan kedalaman tulisan, dan ini bobot yang paling besar 25%. Dan kami juga menilai apakah ada narasumber di dalam tulisan, dan kami sarankan ada 2 narasumber. Jika ada narasumber, akan kami berikan poin tambahan. Peserta dapat mengirimkan maksimal tiga karya tapi hanya ada tiga karya, tapi hanya ada satu yang bisa dinyatakan pemenang," imbuhnya.

Strategi Gojek Genjot Pertumbuhan Ekonomi Nasional RI

Dalam kesempatan ini, Audrey menyampaikan sederet strategi gojek dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya dengan menghadirkan layanan dan inovasi yang mendukung aktivitas masyarakat mulai dari GoRide, GoFood, GoTransit, GoSend, dan lainnya.

"Pertama, kami menghadirkan inovasi dan juga layanan yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan membuat konsumen tetap produktif. Kedua, kami mendukung mitra merchant dan mitra driver untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang, bahkan di tengah situasi sulit sekalipun," katanya.

Di samping itu, Gojek juga turut fokus pada social impact lewat berbagai kampanye yang dihadirkan hingga mendukung talenta digital Indonesia.

"Kami turut memberikan dampak positif baik bagi lingkungan maupun masyarakat luas. Kami juga secara aktif mendukung talenta digital di Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, pendaftaran lomba feature dapat dilakukan melalui https://bit.ly/KPAB2022 dan lomba foto melalui email kompetisifotogojek@gmail.com. Syarat dan ketentuan mengikuti KPAB 2022 dapat diakses di microsite www.gojek.com/kpab dan blog https://bit.ly/blogKPAB2022.

Simak juga 'Dua Wanita Tangguh Perwakilan Mitra GoTo di Panggung Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT