AMSI dan Gojek Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp 250 Juta

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 19:23 WIB
AMSI dan Gojek Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp 250 Juta
AMSI dan Gojek Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp 250 Juta (Foto: dok. website Gojek)
Jakarta -

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Gojek bekerjasama membuat kompetisi jurnalistik bertajuk 'Kreasi Pewarta Anak Bangsa' atau KPAB. Kompetisi jurnalistik ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas karya jurnalistik.

"Model seperti ini yang kita kerjasamakan dengan teman-teman dari Gojek lomba penulisan dan tentu saja ada jurinya, dari sana ketemu sebenarnya problem kita ketemu dari sisi konten itu A,B,C dan sebagainya. Dengan mendata problem-problem itu sebetulnya solusinya yang kita siapkan itu mungkin lebih terarah dan lebih kena," kata Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut, dalam diskusi virtual yang disiarkan di YouTube AMSI, Selasa (12/10/2021).

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus ManggutKetua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut (Foto: dok. tangkapan layar)

Sementara itu, VP Corporate Comunication Gojek yang juga Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey P Petriny mengatakan lomba Kreasi Pewarta Anak Bangsa atau KPAB ini digelar dalam rangkaian acara hari jadi Gojek yang ke-11. Kompetisi jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2021 ini merupakan kedua kalinya digelar, saat ini Gojek menggandeng AMSI.

Adapun Kompetisi ini digelar pada 27 September-30 Oktober 2021 dengan tema utama lomba 'Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi'. Karya yang dilombakan adalah karya jurnalistik yang telah dipublikasikan sejak tanggal 1 September hingga 30 Oktober 2021.

"Melalui penyelenggaraan KPAB ini Gojek dan AMSI tentunya berharap dapat menumbuhkan optimisme untuk bangkit bersama menghadapi tantangan pandemi," kata Audrey.

VP Corporate Comunication Gojek yang juga Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey P PetrinyVP Corporate Comunication Gojek yang juga Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey P Petriny (Foto: dok. tangkapan layar)

Berdasarkan rilis dari website Gojek, berikut syarat dan ketentuan KPAB 2021 yang digelar Gojek bersama AMSI:

Kriteria Peserta

Peserta adalah wartawan warga negara Indonesia yang bekerja di media massa lokal/daerah, nasional, dan kantor berita asing, atau wartawan lepas yang bekerja untuk media cetak/online di seluruh Indonesia.

Peserta harus menyertakan copy kartu identitas (KTP/SIM) dan kartu pers yang masih berlaku, atau surat keterangan identitas wartawan dari media atau organisasi profesi kewartawanan dimana yang bersangkutan bernaung, yang diakui Dewan Pers.

Setiap peserta dapat mengirim lebih dari satu tulisan. Panitia berhak mendiskualifikasi keikutsertaan peserta dan/atau membatalkan apabila peserta yang terpilih sebagai pemenang memberikan data yang keliru dan/atau tidak benar.

Peserta adalah jurnalis yang bekerja di media di cakupan wilayah sbb:
Sumatera: Medan, Palembang, Batam
Indonesia Timur: Makassar, Manado, Balikpapan, Banjarmasin
Jabar, Jateng DIY: Bandung, Semarang, Jogja raya, Solo
Jatim, Bali: Surabaya, Malang, Bali
Nasional & Jabodetabek

Kriteria Penerimaan Materi Kompetisi

Materi tulisan yang dikirimkan adalah yang pernah dipublikasikan di media cetak/ media online antara 1 September-30 Oktober 2021 baik media nasional maupun regional. Kategori yang dilombakan adalah tulisan esai atau artikel 'Feature', atau berita khas bercerita umumnya sarat informasi penting dan dinarasikan dengan menarik terhadap suatu isu, fenomena, atau peristiwa.

Artikel yang disertakan berisi informasi mendalam, menggugah (human interest), tidak terikat waktu (timeless), dan mengandung topik layanan ekosistem Gojek, khususnya GoFood, GoCar, GoRide dan GoSend. Salah satu contoh, semisal peserta dari media A menulis tentang beragam solusi dari GoFood bagi masyarakat selama pandemi. Atau, peserta mengulas atau menggali pandangan dari konsumen hingga mitra yang langsung merasakan manfaat dari ekosistem Gojek.

Artikel 'Feature' yang diikutkan dalam lomba, dituliskan dalam batas karakter 2.000 - 5.000.

Peserta wajib menyertakan wawancara dengan minimal 2 narasumber di dalam karya tulisnya.

Materi tulisan harus dikirim melalui email kreasipewartaanakbangsa@gojek.com atau mengisi Google Form https://bit.ly/KPAB_GojekAMSI dengan format Microsoft Word (softcopy) beserta link pemberitaan (bagi media online). Bagi peserta dari media cetak, wajib menyertakan bukti pemuatan berita berupa kliping asli (scan) bukan fotokopi.

Peserta harus menulis judul email di kolom subjek dengan ketentuan: Nama Peserta - Nama Media - Cakupan Media (nasional, regional). Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 tulisan.

Contoh pengiriman karya jurnalistik melalui email:

Subject: Devi Nugraha - Kompas.com - Nasional - Layanan GoSend Permudah Pendistribusian Bantuan Pangan Pasien Isolasi Mandiri

Body email:

Nama Lengkap: Devi Nugraha

Nomor Telepon: 08123456789

Headline: Layanan GoSend Permudah Pendistribusian Bantuan Pangan Pasien Isolasi Mandiri

Link Berita: (Bila ada)

*Peserta wajib melampirkan: artikel dalam format Microsoft Word, kliping atau link berita, KTP/SIM, kartu pers

Karya jurnalistik yang dikirimkan harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu: "Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi".

Materi tulisan belum pernah diikutsertakan pada lomba sejenis yang diselenggarakan pihak lain.

Tulisan mengangkat beragam inovasi dan inisiatif Gojek seperti dijelaskan pada bagian 'Tema'.

Tulisan yang diikutsertakan berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris, karya asli milik sendiri, bukan terjemahan, saduran atau rangkuman. Tulisan yang diikutsertakan bukan artikel iklan atau advertorial.

Tulisan harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi. Tulisan paling lambat diterima pada 30 Oktober 2021 pukul 23:59 WIB.

Setiap peserta hanya berhak atas satu gelar juara utama (juara 1, 2, dan 3), meskipun mengirim lebih dari 1 artikel. Karya jurnalistik yang menjadi pemenang program Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2021 ini akan menjadi hak milik Gojek, dengan tetap menyebutkan nama media serta jurnalis dalam publikasi yang dilakukan oleh Gojek.

Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 8 November 2021 di https://bit.ly/KPAB2021 dan website AMSI

Hadiah
Kategori Nasional & Jabodetabek

Panitia akan memilih 18 peraih penghargaan dengan rincian hadiah sebagai berikut:

Juara 1: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
Juara 2: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
Juara 3: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Kategori Regional
Panitia akan memilih 72 pemenang di masing-masing wilayah regional Sumatra, Indonesia Timur, Jabar Jateng DIY, Jatim Bali:

Juara 1: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
Juara 2: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
Juara 3: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan

15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta
Serta terdapat voucher gratis berlangganan GoPlay selama 30 hari bagi 50 pendaftar pertama.

(yld/hri)