Komnas Perempuan Sudah Bertemu Istri Ferdy Sambo Kondisinya Terpukul-Syok

ADVERTISEMENT

Komnas Perempuan Sudah Bertemu Istri Ferdy Sambo Kondisinya Terpukul-Syok

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 21:25 WIB
Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah
Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Komnas Perempuan telah bertemu dengan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Dalam pertemuan tersebut, kondisi istri Ferdy Sambo disebut masih dalam keadaan terpukul hingga syok.

"Jadi pertemuannya itu dilakukan di Sabtu (16/7) di kediaman ibu Putri yang datang saat itu adalah ketua Komnas Perempuan Kak Andy Yentriani, menemui dan berkomunikasi dengan ibu Putri di ruang tidur beliau ya dan memang kondisinya beliau masih sangat terpukul syok dan belum mampu menyampaikan atau menceritakan pengalaman traumatik yang dialami," kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah, di kantornya, Rabu (3/8/2022).

Siti mengatakan, pada saat pertemuan itu, pihaknya didampingi oleh psikolog dari istri Ferdy Sambo. Dia mengatakan, dalam hal ini, pihaknya bertugas memastikan hak Putri sebagai perempuan yang sedang berhadapan dengan hukum terpenuhi.

"Komnas Perempuan itu mandatnya melakukan pemantauan, memastikan apakah penegakan hukum, pemenuhan hak-hak perempuan yang berhadapan dengan hukum entah nanti statusnya sebagai saksi atau korban itu dipenuhi oleh negara," katanya.

Pada pertemuan tersebut, Siti mengungkapkan istri Irjen Ferdy Sambo terus menangis. Dia menyebut kondisinya masih dalam keadaan trauma.

"Untuk informasi yang lainnya kami mendapatkan informasi dari kuasa hukum maupun dari psikolog yang mendampingi bahwa kondisinya masih naik turun itu masih belum mampu, ya masih naik turun jadi ketika bicara pun dia masih menangis dan seterusnya," katanya.

Siti mengatakan kondisi Putri itu juga dilatarbelakangi oleh kekhawatiran adanya dampak terhadap anaknya akibat kasus tersebut. Menurutnya, Putri beranggapan banyaknya pemberitaan dan spekulasi mengenai kasus tersebut dapat berdampak pada anak-anaknya.

"Hal ini juga sebenarnya tidak lepas dari kekhawatiran Ibu Putri terhadap penanganan kasus ini. Sebagai ibu dia sangat mengkhawatirkan anak-anaknya akan terdampak kasus ini karena bagaimanapun pemberitaan yang demikian, apa ya, masif dan juga bisa dikatakan menyoal hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan kasusnya sendiri, itu memperburuk kondisi psikologis ibu Putri baik untuk dirinya maupun kekhawatirannya terhadap anak-anaknya," katanya.

Lebih lanjut, Komnas HAM mengatakan istri Irjen Ferdy Sambo itu menjadi saksi kunci dalam kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J. Oleh sebab itu, Komnas Perempuan mengatakan saat ini pemulihan kesehatan Putri menjadi yang utama.

"Jadi memang Ibu Putri ini sejak awal kami menyampaikan beliau adalah saksi dari peristiwa ini ya, sebagai saksi atau pelapor kasus kekerasan seksualnya, dia memiliki hak untuk dilindungi, dia memiliki hak untuk pulih. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar dia mampu memberikan keterangan, dengan memberikan keterangan dalam kondisi yang sehat gitu ya dalam kondisi emosi yang apa stabil gitu ya," katanya.

Siti mengatakan pihaknya bersama kuasa hukum Putri membatasi orang-orang yang ingin bertemu dengannya. Sebab, agar kondisi kesehatan istri Irjen Ferdy Sambo tersebut tidak semakin memburuk.

"Kami berkomunikasi dengan hal itu dan kami membatasi karena semakin banyak orang yang bertemu dengan ibu Putri, sementara dia belum siap itu akan memperburuk kondisinya itu, satu hal. Kemudian hal yang lain ketika berulang kali bercerita itu juga akan memperburuk trauma yang dialami," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Istri Irjen Sambo Kirim Pengacara dan Psikolog, LPSK Tegaskan Tak Bisa Diwakili':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT