Hakim: Tak Ada Intervensi dalam Vonis Kasus ASABRI Teddy Tjokro

ADVERTISEMENT

Hakim: Tak Ada Intervensi dalam Vonis Kasus ASABRI Teddy Tjokro

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 19:15 WIB
Sidang Vonis Teddy Tjokrosapoetro (Wilda-detikcom)
Foto: Sidang Vonis Teddy Tjokrosapoetro (Wilda-detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim memutus Presiden Direktur PT Rimo International Lestari Teddy Tjokrosapoetro bersalah dan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara di kasus korupsi PT ASABRI. Majelis hakim menegaskan putusan tersebut berdasarkan pertimbangan hukum tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

"Yang perlu ditegaskan di sini, supaya diketahui semuanya, dari awal majelis hakim sudah menyatakan bahwa majelis hakim memutus perkara ini berdasarkan pertimbangan hukum tanpa ada intervensi ataupun hal-hal yang dilarang," kata Hakim Ketua IG Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Hakim Eko menegaskan tidak ada pemberian apapun terkait putusan terhadap Teddy Tjokro. Dia kembali menegaskan semua putusan yang dijatuhkan kepada Teddy Tjokro murni pertimbangan majelis hakim.

"Jadi tidak ada ya, tidak ada pemberian dan sebagainya. Jadi semuanya murni pertimbangan majelis hakim," ungkapnya.

Teddy Tjokro Divonis 12 Tahun Penjara

Teddy Tjokrosapoetro divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan. Teddy dinyatakan bersalah melakukan korupsi dan melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) secara bersama-sama dalam kasus ASABRI.

"Mengadili, menyatakan Terdakwa Teddy Tjokrosapoetro terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan kesatu dan turut serta melakukan tindak pidana pencucian uang sebagaimana dakwaan kedua primer," kata hakim ketua IG Eko Purwanto.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 12 tahun," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Tok! Teddy Tjokrosapoetro Divonis 12 Tahun Bui di Kasus Korupsi ASABRI':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT