Umur Pendek BW dan Denny Bela Mardani Maming

ADVERTISEMENT

Umur Pendek BW dan Denny Bela Mardani Maming

Yulida Medistiara, Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 18:55 WIB
Bambang Widjojanto (BW)
Bambang Widjojanto (BW) dan Denny Indrayana (Wilda/detikcom)

Dalam proses sidang praperadilan itu, tim penyidik beberapa kali memanggil Mardani Maming untuk diperiksa, tetapi Mardani Maming mangkir 2 kali panggilan hingga akhirnya dijemput paksa. Namun, saat dijemput paksa, Mardani Maming tidak ditemukan dan tidak kooperatif hingga akhirnya KPK menyatakan Mardani Maming buron atau masuk daftar pencarian orang (DPO).

BW lalu menyampaikan bahwa kliennya bersedia diperiksa ke KPK pada 28 Juli 2022. Diketahui 28 Juli merupakan satu hari setelah sidang putusan praperadilan Mardani Maming melawan KPK.

BW kemudian menilai KPK tengah unjuk kekuatan dengan menerbitkan surat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Mardani Maming.

"Kenapa ada informasi dari lawyer-nya MHM seperti di atas, tapi disembunyikan KPK dan membuat show of force seolah MHM sengaja tidak mau hadir dan men-DPO-kan," kata BW kepada detikcom, Selasa (26/7/2022).

Hakim PN Jaksel lalu menyatakan tidak dapat menerima permohonan praperadilan yang diajukan Mardani Maming terkait status tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pemberian izin usaha pertambangan. Karena itu, proses penyidikan tersebut pun berlanjut.

Pada 28 Juli 2022, akhirnya Mardani Maming menyerahkan diri ke KPK. Mardani Maming ditemani kuasa hukumnya, Denny Indrayana saat mendatangi KPK.

"Saya di sini sesuai janji saya ke KPK tanggal 25 (Juli) bahwa saya akan hadir tanggal 28, dan saya juga bingung suratnya masuk, tapi kenapa hari Selasa saya dinyatakan DPO. Padahal saya sudah mengirim surat dan koordinasi ke tim penyidik akan hadir tanggal 28," ucap Mardani Maming.

Mardani Maming kemudian diperiksa KPK. Setelah itu penyidik menahan Mardani Maming di Rutan KPK, Pomdam Jaya Guntur.

Tak Lagi Jadi Pengacara Mardani Maming

Kini pada 3 Agustus 2022, Bambang Widjojanto (BW) dan Denny Indrayana resmi tak lagi menjadi kuasa hukum eks Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming. Keduanya resmi berhenti membela Maming sejak hari ini.

Hal itu disampaikan oleh kuasa hukum Mardani Maming saat ini, Abdul Qodir. Dia menyebut BW dan Denny Indrayana sudah tak tercantum di dalam surat kuasa.

"Nah, kami ingin menjelaskan bahwa sejak per hari ini, kuasa lama, surat kuasa lama itu sudah dicabut oleh Pak Mardani Maming," kata Abdul Qodir di lobi gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan (3/8/2022).

"Pak BW, Pak Denny sudah tidak ada di surat kuasa," lanjutnya.

Selengkapnya halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT