Umur Pendek BW dan Denny Bela Mardani Maming

ADVERTISEMENT

Umur Pendek BW dan Denny Bela Mardani Maming

Yulida Medistiara, Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 18:55 WIB
Bambang Widjojanto (BW)
Bambang Widjojanto (BW) dan Denny Indrayana (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Bambang Widjojanto (BW) dan Denny Indrayana resmi tak lagi menjadi kuasa hukum eks Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming. Kedua tokoh tersebut diketahui sempat membela Mardani Maming saat praperadilan melawan KPK di PN Jaksel.

Akan tetapi, belum sebulan sejak pertama kali diumumkan menjadi kuasa hukum Mardani Maming, mantan pimpinan KPK dan mantan Wamenkumham itu kini mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Mardani Maming.

Awalnya informasi Bambang Widjojanto dan Denny Indrayana menjadi kuasa hukum Mardani Maming disampaikan Denny Indrayana dalam undangan kepada wartawan untuk menghadiri sidang perdana praperadilan di PN Jaksel pada tanggal (12/7/2022). PBNU menunjuk Bambang Widjojanto dan Denny Indrayana sebagai kuasa hukum Mardani Maming.

"Akan hadir sebagai kuasa hukum pemohon Bambang Widjojanto (mantan pimpinan KPK) dan Prof Denny Indrayana (mantan Wamenkumham, Senior Partner Integrity Law Firm), dan tim. Semuanya adalah kuasa hukum yang ditunjuk PBNU untuk mengadvokasi kasus ini," ujar Denny dalam undangan kepada wartawan, Selasa (12/7).

Dalam petitum gugatan praperadilan itu, Mardani meminta hakim meminta KPK menghentikan penyidikan perkaranya dan menyatakan status tersangkanya tidak sah.

Saat membela Mardani Maming, bahkan Bambang Widjojanto (BW) sempat mengaku cuti dari TGUPP (Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan) Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi kuasa hukum bagi tersangka KPK Mardani H Maming. Menurutnya, kasus yang menjerat kliennya itu adalah perkara besar.

"Saya sudah diuji di anggota profesi dan sekarang saya sedang dalam waktu cuti, jadi kalau saya ini (beracara) jadi saya cuti kalau saya hadapi kasus besar seperti ini," kata BW di PN Jaksel, Selasa (12/7).

"Karena ada kepentingan yang jauh lebih besar yang harus dipertukarkan dan dipertaruhkan di situ, itu sebabnya dengan terhormat saya mengambil amanah atas penunjukan dari PBNU ini dan mari kita uji di lembaga praperadilan," imbuhnya.

Tim biro hukum KPK sempat mempermasalahkan status Bambang Widjojanto yang merupakan mantan pimpinan KPK, tapi membela tersangka KPK. KPK khawatir terdapat konflik kepentingan jika BW yang merupakan Tim TGUPP Pemprov DKI Jakarta, tetapi menjadi kuasa hukum Mardani Maming, yang merupakan pengusaha.

BW Mundur dari TGUPP

BW pun mengaku mundur dari TGUPP (Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan) Pemprov DKI Jakarta. BW memilih berfokus pada praperadilan membela Mardani Maming untuk melawan KPK.

"Ya betul. Saya sebaiknya tidak aktif agar lebih fokus di praperadilan dan meminimalisasi potensi konflik kepentingan," kata BW kepada detikcom, Rabu (20/7/2022).

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Fakta Mardani Maming, Tersangka Suap dan Gratifikasi Rp 104,3 miliar':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT