Pelapor Merasa Miris Lihat Roy Suryo Tertawa di Acara Klub Mercy

ADVERTISEMENT

Pelapor Merasa Miris Lihat Roy Suryo Tertawa di Acara Klub Mercy

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 17:07 WIB
Pihak pelapor bersama Forum Kader Bela Negara menggelar konferensi pers, menyatakan sikap terkait Roy Suryo yang muncul di acara klub Mercy di tengah status tersangka.
Pihak pelapor bersama Forum Kader Bela Negara menggelar konferensi pers, menyatakan sikap terkait Roy Suryo yang muncul di acara klub Mercy di tengah status tersangka. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kehadiran Roy Suryo di acara Mercedes-Benz SL Club (MBSL) Indonesia menjadi sorotan publik. Pasalnya, Roy Suryo, yang menyandang status sebagai tersangka, beralasan sedang sakit sehingga tidak ditahan polisi.

Terkait hal ini, pihak pelapor bersama Forum Kader Bela Negara menggelar konferensi pers. Mereka meminta polisi bertindak tegas terhadap Roy Suryo.

"Dengan video yang beredar itu seharusnya ada tindakan tegas dari pihak yang berwenang, khususnya penyidik. Karena menurut saya itu sudah meresahkan. Kami yang melihat video itu pun sangat miris," kata salah satu tim pelapor dari Forum Kader Bela Negara, Budi, dalam konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022).

Budi menyebut apa yang dipertontonkan Roy Suryo dalam video tersebut merupakan hal yang tidak terpuji. Roy Suryo dianggap tidak menghargai proses hukum dan menyepelekan status tersangka yang kini menjeratnya.

"Ada hal-hal yang melukai bahkan sangat tidak layak dipertontonkan," jelas Budi.

Dalam kesempatan yang sama, pengacara pelapor, Herna Sutana, menyampaikan hal serupa. Dia mengaku kecewa sekaligus miris terhadap tindakan Roy Suryo usai ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama.

"Mengenai viralnya video tersangka RS yang viral kemarin, tanggapan kami adalah kami sangat kecewa melihatnya. Bukan hanya umat Buddha ya tapi seluruh bangsa Indonesia yang mengikuti perjalanan kasus ini," kata Herna.

Herna mengaku menunggu keputusan dari penyidik atas tindakan Roy Suryo yang kini tengah viral tersebut.

"Jadi kita masih menunggu proses hukumnya bagaimana dan kita mengharapkan proses hukum itu adil seadil-adilnya," ujar Herna.

Ditanya soal desakan pelapor agar penyidik menahan Roy Suryo, Herna enggan berspekulasi. Menurutnya, ia tidak ingin bersikap berlebihan dan justru mengganggu proses hukum yang tengah berjalan saat ini.

"Kami tidak mau over-reaktif, cara-cara yang kami tempuh tetap elegan dan menghormati semua pihak. Kita nggak mau bikin gaduh, bikin onar. Kita nggak mau menempuh cara yang tidak elegan, karena biar bagaimana pun juga kita mengedepankan rasa welas asih itu," sebut Herna.

"Kami yakin kok ini negara hukum soal viralnya kemarin itu pasti dibaca sama penegak-penegak hukum kita. Kami yakin mereka pasti juga punya sikap itu aja. Jadi kami menunggu sikap dari penegak hukum," tambahnya.

Baca di halaman selanjutnya: penjelasan Roy Suryo soal hadiri acara klub Mercy.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT