ADVERTISEMENT

PT Wijaya Karya Jelaskan Penyebab Atap Halte TransJ Ambruk Saat Revitalisasi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 10:53 WIB
Atap Halte Depan Balai Kota DKI Ambruk (Nahda/detikcom)
Atap halte depan Balai Kota DKI ambruk. (Nahda/detikcom)
Jakarta -

PT Wijaya Karya Tbk buka suara terkait ambruknya atap halte TransJakarta di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, saat direvitalisasi. PT Wijaya Karya menjelaskan penyebabnya.

"Sehubungan dengan kejadian pada proyek pembangunan gedung revitalisasi halte busway, manajemen PT Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana menyampaikan memang benar telah terjadi kerusakan pada struktur plafon (bukan atap) bangunan tersebut," kata Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk Mahendra Vijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).

Mahendra mengatakan penyebab kerusakan adalah kesalahan metode kerja yang dilakukan petugas.

"Sesuai dengan hasil investigasi, kerusakan tersebut terjadi disebabkan oleh kesalahan metode kerja yang dilakukan oleh pekerja (human error) dalam melaksanakan pekerjaan di atas struktur plafon yang menyebabkan getaran, goyangan, dan beban di rangka plafon," jelas Mahendra.

Meski demikian, Mahendra menyebut tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Kerusakan terjadi pada saat petugas tidak sedang dalam posisi bekerja.

"Meskipun demikian, kerusakan tersebut terjadi pada saat pekerjaan sedang tidak berlangsung dan tidak terdapat korban akibat kejadian tersebut," ujar Mahendra.

Lebih lanjut Mahendra memastikan kerusakan struktur plafon halte sedang tahap perbaikan. Pihaknya juga telah memastikan para petugas untuk menggunakan metode kerja yang tepat agar kejadian seperti itu tidak terulang.

"Saat ini kerusakan tersebut sedang diperbaiki dan pihak kontraktor telah menambah perkuatan atas struktur tersebut. Seluruh pekerja juga telah di-briefing untuk memastikan penggunaan metode kerja yang tepat serta penggunaan APD yang sesuai persyaratan," kata Mahendra.

"Di mana hal tersebut untuk mencegah terulangnya kejadian yang sama di kemudian hari sekaligus berupaya untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal yang telah ditentukan," tambahnya.

Lihat juga video 'Halte TransJ yang Rusak Akan Dioperasikan, Anies: Dibagi Dua Bagian':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT