ADVERTISEMENT

Sejak Kemarin, Terjadi 7 Kali Erupsi Gunung Anak Krakatau

M Iqbal - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 08:37 WIB
Gunung Anak Krakatau erupsi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau erupsi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi sejak kemarin hingga dini hari tadi. Total tujuh kali letusan terjadi sejak kemarin dengan ketinggian kolom abu mencapai 500 meter hingga 2 kilometer.

Gunung api di Selat Sunda ini terakhir mengalami erupsi 2 minggu lalu. Aktivitas gunung api Anak Krakatau kembali mengalami erupsi pada Selasa (2/8) pukul 15.49 WIB dengan semburan abu vulkanik mencapai 1,5 kilometer di atas puncak.

Erupsi terakhir terjadi pada pada Rabu (3/8) pukul 01.15 WIB. Erupsi tersebut menimbulkan letusan abu vulkanik setinggi 500 meter.

"Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Rabu, 3 Agustus 2022, pukul 01.15 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 657 m di atas permukaan laut)," tulis laporan Badan Geologi seperti dikutip, Rabu (3/8/2022).

Erupsi ini terekam dalam seismograf dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 52 detik. Semburan abu yang ditimbulkan dari erupsi ini dilaporkan berwarna hitam dengan intensitas tebal.

"Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 52 detik," tulisnya.

Status Gunung Anak Krakatau masih berada di level III atau Siaga. Masyarakat dilarang mendekati gunung dengan radius 5 kilometer dari kawah.

Lihat juga video 'Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Setinggi 2 Km':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT