ADVERTISEMENT

Golkar Ingin Airlangga Jadi Capres, PPP: KIB Belum Bicarakan Sosok

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 05:33 WIB
Arsul Sani
Waketum PPP Arsul Sani. (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyatakan Golkar sudah final akan mengusung ketumnya, Airlangga Hartarto, sebagai capres 2024. PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PAN menyebut akan ada simulasi paslon capres 2024.

"PPP menghormati keputusan permusyawaratan internal Partai Golkar yang mengajukan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres. Tentu pada saat yang disepakati nanti ketiga parpol KIB akan melakukan simulasi-simulasi paslon dengan mempertimbangkan sejumlah hal termasuk tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas dari sosok-sosok yang dibahas sebagai calon potensial baik untuk posisi capres maupun cawapres," kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Meski demikian, dia mengatakan KIB belum membicarakan siapa capres yang akan diusung. KIB, kata Arsul, masih dalam tahap identifikasi bakal capres.

"Namun harus diakui bahwa sampai dengan saat ini KIB belum sampai pada pembicaraan soal sosok-sosok yang potensial diusung tersebut. KIB baru pada tahap identifikasi," ujarnya.

Arsul mengatakan Pilpres 2024 masih lama. Selain itu, bakal capres yang kuat dalam survei saat ini bisa saja menurun menjelang pemilihan.

"Kenapa demikian, ya karena pilpresnya masih cukup lama. Dalam rentang waktu menuju pencalonan ini tidak tertutup kemungkinan soal popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas ini berubah. Yang tadinya rendah, menjadi naik, yang tadinya tinggi menjadi turun karena situasi dan faktor tertentu," imbuhnya.

Golkar Ingin Airlangga Jadi Capres

Bamsoet sebelumnya menegaskan calon presiden yang akan diusung Golkar pada Pilpres 2024. Bamsoet menyebut Golkar sudah final akan mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres.

"Airlangga Hartarto, kita sudah putuskan Partai Golkar capresnya adalah Airlangga Hartarto," kata Bamsoet kepada wartawan di kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (2/8).

Simak juga video 'KIB Diprediksi Akan Berkoalisi Dengan PDIP untuk Melawan NasDem':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT