ADVERTISEMENT

TNI Selidiki Dugaan Dandim Jayawijaya Bantu Bupati Mamberamo Tengah Kabur

Wilpret Siagian - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 04:30 WIB
Ricky Ham Pagawak adalah Bupati Mamberamo Tengah yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh KPK. Bupati tersebut terlibat kasus suap dan gratifikasi.
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pihak TNI menyelidiki dugaan keterlibatan Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib dalam membantu Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) kabur ke Papua Nugini, usai ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi oleh KPK. TNI menjamin memiliki semangat yang sama dalam memberantas korupsi.

"Tentunya akan dilakukan pendalaman dan penyelidikan lebih lanjut," kata Danrem 172/PWY Bringjen TNI J.O. Sembiring kepada wartawan seperti dilansir dari detikSulsel, Rabu (3/8/2022).

Sembiring menegaskan pihaknya tak akan melindungi para koruptor, termasuk pihak yang membantu pelariannya. Dia mengaku semangat memberantas koruptor itu tetap sama sekalipun yang terlibat ialah oknum TNI.

"Sehingga adanya dugaan keterlibatan anggota TNI dalam kasus pelarian Bupati Memberamo Tengah, RHP tentunya menjadi perhatian kami," ujarnya.

Kendati demikian, Sembiring mengaku pihaknya tak dapat berbuat banyak apabila dugaan keterlibatan oknum TNI itu belum terbukti. Untuk itu, dia menekankan perlunya penyelidikan awal.

"Sampai dengan saat ini belum ditemukan adanya keterlibatan prajurit TNI membantu kaburnya RHP," ujarnya.

Simak selengkapnya di sini.

Simak video 'Bupati Mamberamo Tengah Masuk DPO KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT