ADVERTISEMENT

Rapat di DPRD, JakPro Jelaskan Penyebab Pagar Pembatas Tribun JIS Roboh

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 15:59 WIB
Pagar pembatas berwarna putih di area tribun penonton di JIS roboh. (Foto: Tiara Aliya/detikcom)
Pagar pembatas berwarna putih di area tribun penonton di JIS roboh. (Foto: Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

PT Jakarta Propertindo (JakPro) menjelaskan kronologi robohnya pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) saat launching beberapa waktu lalu. JakPro menilai saat itu antusiasme penonton sangat tinggi.

Hal itu disampaikan Project Director Jakarta International Stadium PT JakPro Iwan Takwin saat rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta bersama PT JakPro. Rapat digelar di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/2022).

"Ini sedikit gambaran kondisi kemarin (di JIS). Jadi memang ada antusiasme dari penonton-penonton, terutama suporter-suporter Jakmania yang pengin mendekat ke lapangan. Sehingga mereka berkumpul persis di ujung atau railing tersebut sehingga menambah beban dari railing tersebut," kata Iwan.

Iwan menjelaskan, saat itu para penonton ingin melakukan perayaan di akhir pertandingan. Para penonton, sambung Iwan, menyalakan flare sambil melompat.

"Ini kondisi bagaimana antusiasme tersebut, ada aksi atau ibaratnya seperti selebrasi dari para suporter mungkin terkait dengan berakhirnya, pada saat ini Pak, pada saat berakhirnya pertandingan kemarin, Pak," jelas Iwan.

"Jadi mereka menyalakan flare atau selebrasi sambil meloncat-loncat, seperti itu, Pak," ucap Iwan.

Iwan menyebut para penonton berkumpul di depan horizontal barrier hingga menutup railing pagar pembatas tribun JIS dan terjadi penumpukan. Penonton saat itu terlihat sangat menikmati pertandingan.

"Jadi kondisinya ngumpul di depan, pada naik di depan horizontal barrier ini, jadi railingnya itu sudah tidak kelihatan, jadi sudah tertutup sama tumpukan penonton yang memang sangat menikmati atau bergairah menonton pertandingan kemarin," ucap Iwan.

Atas kejadian itu, Iwan menyebut pihaknya akan mensosialisasikan terkait pengamanan fasilitas. Hal itu untuk mengantisipasi antusias dari para penonton.

"Kami akan berkolaborasi bersinergi dengan para suporter tentunya berusaha mendekatkan diri, jadi mereka nanti akan ada program mingguan di lapangan," imbuh Iwan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT