ADVERTISEMENT

Kepala BNPT: Terorisme Itu Amalan Orang yang Bersekutu dengan Setan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 15:05 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar (Angga Riza/detikcom)
Komjen Boy Rafli Amar (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar menilai aksi terorisme bukan merupakan ajaran agama. Dia menilai terorisme merupakan tindakan orang-orang yang sudah bersekutu dengan setan.

Keterangan itu disampaikan Boy dalam sambutannya di acara Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional yang digelar BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022). Acara itu dihadiri oleh Wamendagri, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKDT).

Boy awalnya menceritakan tentang pengalaman pahit Indonesia terkait aksi terorisme. Dalam hal ini Boy mengenang peristiwa Bom Bali yang terjadi pada 12 Oktober 2002.

"Kita punya pengalaman pahit dari kejahatan terorisme itu terutama adalah yang sangat menyesakkan, saya pikir kita semua bangsa bersama dengan para korban itu seperti peristiwa Bom Bali tanggal 12 Oktober 2002," kata Boy di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Boy menilai tragedi tersebut dilakukan oleh orang Indonesia yang terpapar terorisme. Aksi itu dinilai Boy berbahaya jika dikaitkan dengan ajaran agama.

"Realitas bahwa ada anak bangsa akhirnya bersekutu dengan ideologi kekerasan. Yang lebih berbahaya lagi apabila menggunakan narasi-narasi agama, dalil-dalil agama. Jadi ini adalah sebuah pembajakan terhadap nilai-nilai agama tidak dibenarkan," ucapnya.

Pasalnya, menurut Boy agama merupakan ajaran mulia yang tidak pernah sekalipun mengajarkan tentang kekerasan. Namun para pelaku terorisme kerap menggunakan narasi agama saat melakukan aksinya.

"Agama adalah rahmat, agama adalah cinta dan kasih, agama adalah kedamaian. Tetapi mereka menggunakan itu mengatasnamakan narasi agama," tutur Boy.

Di menegaskan terorisme bukan merupakan ajaran agama. Boy menilai aksi terorisme merupakan ajaran orang-orang yang bersekutu dengan setan.

"Kita yakinkan bahwa bukan itu amalan daripada agama. Itu amalan dari orang-orang yang bersekutu dengan setan tentunya. Yang tentunya anti terhadap kemanusiaan. Kita harus mengutuk keras peristiwa-peristiwa seperti itu," ujar Boy.

(rak/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT