ADVERTISEMENT

BNPT Gelar Gowes Kebangsaan, Kirim Pesan Kolaborasi Lawan Radikalisme

M Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 24 Jul 2022 10:15 WIB
BNPT Gelar Gowes Kebangsaan
BNPT Gelar Gowes Kebangsaan (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kegiatan 'Gowes Kebangsaan' pagi ini. Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-12 BNPT.

Kegiatan itu berlangsung di kawasan car free day (CFD) Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara. Gowes Kebangsaan itu juga dihadiri oleh masyarakat umum.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli menyebut kegiatan gowes ini termasuk salah satu cara untuk membangun bangsa. Dengan demikian, dia menyebut perlunya kehadiran berbagai masyarakat untuk membangun narasi kebangsaan.

"Olahraga kita tahu adalah salah satu sarana untuk membangun bangsa yang sehat, bangsa yang kuat, bangsa yang tangguh," ujar Kepala BNPT Boy Rafli di kawasan CFD PIK2, Jakarta Utara, Minggu (24/7/2022).

"Nah, oleh karena itu, dalam rangka hari ulang tahun kita mengajak berbagai elemen masyarakat, tentunya dengan narasi-narasi kebangsaan yang diperlukan oleh bangsa ini," lanjutnya.

Boy mengatakan narasi kebangsaan merupakan sebuah kebutuhan. Selain itu, kata Boy, narasi kebangsaan perlu terus dipelihara.

"Semangat untuk terus mengangkat narasi kebangsaan adalah sebuah kebutuhan, adalah sebuah tekad semuanya, yang harus kita terus pelihara sepanjang masa, sepanjang tentunya negara kesatuan republik Indonesia berdiri," tutur Boy.

Dengan adanya Gowes Kebangsaan ini, Boy berharap masyarakat turut membangun narasi kebangsaan yang penuh toleransi dan memerangi radikal terorisme dapat tercipta. Hal itu lantaran terorisme merupakan kejahatan transnasional.

"Karena kejahatan radikal terorisme adalah kejahatan transnasional yang harus memerlukan kolaborasi semua pihak," sebutnya.

Boy menyebut tujuan kegiatan ini juga jadi salah satu sarana dalam memerangi ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Boy percaya hal ini dapat memberikan dampak positif untuk kemaslahatan bangsa.

"Tujuan kita bagaimana kekuatan bangsa Indonesia di dalam memerangi ideologi-ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Ini bisa memberikan efek yang positif untuk kebaikan dan kemaslahatan bangsa kita," jelas Boy.

Pantauan detikcom, kegiatan Gowes Kebangsaan itu dimulai sejak pukul 07.07 WIB. Boy terlihat mengibarkan bendera tanda kegiatan gowes dimulai.

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT