ADVERTISEMENT

BRIN Yakin Puing Antariksa Jatuh di Kalbar dari Roket Long March 5B China

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 20:28 WIB
A Long March 3B rocket carrying the Beidou-3GEO3 satellite lifts off from the Xichang Satellite Launch Center in Xichang in Chinas southwestern Sichuan province on June 23, 2020. - China on June 23 launched the final satellite in its homegrown geolocation system designed to rival the US GPS network, marking a major step in its race for market share in the lucrative sector. (Photo by STR / AFP) / China OUT
Ilustrasi Roket (AFP/STR)
Pontianak -

Puing antariksa yang viral terlihat di langit Lampung jatuh di Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). Puing antariksa itu diyakini bagian dari roket Long March 5B milik China.

"Kami cukup yakin bahwa benda yang ditemukan adalah bagian dari roket Long March 5B," ujar peneliti bidang astronomi/astrofisika dari Pusat Riset Antariksa BRIN Rhorom Priyatikanto kepada detikcom, Senin (1/8/2022).

Keyakinan itu dilandasi dengan kesesuaian antara lokasi dan waktu dengan lintasan terakhir roket tersebut. Meski begitu, Rhorom menjelaskan pihaknya belum memperoleh konfirmasi fisik seperti label atau indikasi lainnya.

"Menurut informasi yang kami terima, puing tersebut jatuh di ladang milik perorangan, tetapi tidak menimbulkan kerugian yang berarti," lanjutnya.

Diketahui sebelumnya, puing antariksa itu terlihat di langi Lampung. Dalam sebuah video TikTok yang diunggah dalam sebuah akun, tampak sebuah benda langit berwarna merah menyala melayang di atas langit.

Selain itu, ada beberapa warganet yang mengaitkan fenomena ini dengan Malam Satu Suro atau tahun baru hijriah Islam. Ada pula yang menduga benda tersebut sebagai meteor.

(isa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT