ADVERTISEMENT

Kuala Kencana: Sejarah dan Fakta Distrik Modern di Timika Papua

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 16:46 WIB
Kuala Kencana: Sejarah dan Fakta Distrik Modern di Timika Papua
Kuala Kencana: Sejarah dan Fakta Distrik Modern di Timika Papua | Foto: Jonny Lingga/PTFI
Jakarta -

Kuala Kencana menjadi pencarian cukup tinggi yang dicari oleh masyarakat. Mungkin masih banyak yang belum tahu betul tentang Kuala Kencana yang merupakan salah satu kawasan terbatas yang berada di Kota Timika, Papua.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar Kuala Kencana, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Kota Kuala Kencana Timika Papua

Kuala Kencana adalah suatu kawasan atau distrik yang berada di Kabupaten Mimika, Kota Timika, Papua, Indonesia. Dilansir dari laman resmi Distrik Kuala Kencana, berikut adalah penjelasan singkat sejarah Kuala Kencana di Timika, Papua.

Kuala Kencana diresmikan pada tanggal 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto. Lokasi kuala Kencana terletak di daerah Kontrak Karya kawasan PT. Freeport Indonesia. Distrik Kuala Kencana merupakan salah satu dari 18 distrik yang berada di Kabupaten Mimika, dan merupakan pemekaran dari Distrik Mimika Baru.

Distrik Kuala Kencana dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 12 Tahun 2011. Distrik Kuala Kencana terdiri dari 2 kelurahan dan 8 kampung. Kuala Kencana merupakan wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Mimika yang terletak di areal perkotaan, yang dulunya merupakan satuan pemukiman transmigrasi, saat Timika masih dibawah pemerintahan Kabupaten Fakfak.

Fakta Sepuar Kuala Kencana Timika Papua

Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar Kuala Kencana yang perlu diketahui:

Letak Kuala Kencana: Distrik di Kabupaten Mimika, Timika, Papua

Distrik Kuala Kencana berlokasi di Kabupaten Mimika, Kota Timika, Papua. Distrik Kuala Kencana berbatasan dengan beberapa wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara: Kabupaten Deiyai
  • Sebelah Selatan: Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama, dan : Distrik Mimika Baru
  • Sebelah Barat: Distrik Mimika Baru
  • Sebelah Timur: Distrik Mimika Barat
Kuala Kencana: Sejarah dan Fakta Distrik Modern di Timika PapuaKuala Kencana: Sejarah dan Fakta Distrik Modern di Timika Papua | Foto: Jonny Lingga/PTFI

Wilayah Kuala Kencana: Dataran Rendah Tanpa Pantai Didominasi Hutan

Distrik Kuala Kencana dapat digolongkan sebagai daerah dataran rendah yang tidak memiliki pantai dengan ketinggian 200-1600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Wilayah Kuala Kencana pada umumnya didominasi oleh hutan primer dan hutan sekunder.

Lahan di distrik Kuala Kencana itu terdiri dari hutan, lahan terbuka, permukiman, dan pertanian lahan kering. Luas wilayah daratan distrik Kuala Kencana sendiri adalah 860,74 Km2.

Kuala Kencana: Bukan Tempat Wisata, Kawasan Terbatas PTFI

Kuala Kencana adalah suatu kawasan terbatas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI). Sebenarnya, Kuala Kencana bukanlah tempat wisata atau kawasan yang dikhususkan untuk berwisata. Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kabupaten Mimika.

Hanya pihak tertentu dengan kartu identitas atau yang telah memiliki izin tertentu saja yang diperbolehkan masuk ke kawasan Kuala Kencana. Bahkan setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana harus melewati pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan.

Kuala Kencana: Kota Pertama di Indonesia Tanpa Tiang Listrik

Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang telah menggunakan sistem underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Di Kuala Kencana tidak ada tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang terlihat karena semuanya tertanam rapi di dalam tanah.

Kuala Kencana: Fasilitas Modern dengan Sistem Pengolahan Air Kotor

Kuala Kencana memiliki fasilitas yang sangat kompleks dan cukup modern. Selain sebagai kota pertama di Indonesia dengan sistem underground utilities, Kuala Kencana juga menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem pengolahan air kotor.

"Sejak dibangun tahun 1993, di Kuala Kencana terbangun juga STP (Sewage Treatment Plant) untuk mengolah dan penanganan air kotor domestik yg dihasilkan dari perumahan di Kuala Kencana. Per hari STP Kuala Kencana dapat menampung air kotor sekitar 2000 m3/ hari," kata Samsul Arifin, superintendent WSS & GMTC Lowland PT Freeport Indonesia, dalam perbincangan dengan detikTravel, Rabu (13/10/2021).

Demikian, informasi seputar Kota Kuala Kencana, distrik modern yang berada di Timika, Papua. Semoga bermanfaat.

(wia/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT