ADVERTISEMENT

Anak Sulung Anies Baswedan Menikah, Berikut 5 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 11:30 WIB
Anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Baswedan resmi menikah pada Jumat (29/7/2022). Acara resepsi pernikahan digelar selama tiga hari hingga Minggu, (31/7/2022).
Anak Sulung Anies Baswedan Menikah, Berikut 5 Faktanya (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan telah melangsungkan pernikahan, Jumat (29/7/2022). Acara resepsi pernikahan pun digelar selama tiga hari hingga Minggu (31/7/2022).

Diketahui, Mutiara menikah dengan Ali Saleh Alhuraiby. Simak fakta-fakta pernikahan putri pertama Anies Baswedan.

Anak Sulung Anies Baswedan Menikah di Ancol

Pernikahan Mutiara dan Ali digelar di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara.Anies pun mengungkapkan alasannya memilih Ancol menjadi lokasi pernikahan putrinya.

"Gini, Ancol ini luas sehingga kita tidak ingin merepotkan tamu yang hadir," kata Anies Baswedan kepada wartawan di kawasan Ancol, Minggu (31/7/2022).

"Sering kali tamu hadir dalam acara pernikahan itu untuk hadir saja itu antrian mobilnya bisa pnjang sekali... Nah kalau di Ancol tempat parkir tidak ada hambatan," imbuhnya.

Anies mengatakan jika ia tidak ingin acara resepsi pernikahan putrinya mengganggu kegiatan masyarakat.

"Nah di sini, kita insyaallah tidak mengganggu masyarakat karena kawasannya luas. Sehingga masyarakat, umum traffic lalu lintas tidak terganggu," ujar Anies.

Anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Baswedan resmi menikah pada Jumat (29/7/2022). Acara resepsi pernikahan digelar selama tiga hari hingga Minggu, (31/7/2022).Anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Baswedan resmi menikah dengan Ali Saleh Alhuraiby, pada Jumat (29/7/2022). (Foto: Instagram @mutiarabaswedan)

Tamu Resepsi Pernikahan: Presiden, Tokoh Politik, Ulama, Hingga Artis

Di hari ketiga resepsi pernikahan Mutiara dan Ali, giliran sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta hingga artis Tanah Air yang hadir di acara tersebut. Pada hari kedua, acara resepsii pernikahan Mutiara dan Ali dihadiri sederet tokoh politik, public figure, hingga keluarga dan kerabat.

Sebelumnya, pada hari pertama, acara pernikahan Mutiara-Ali dihadiri Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi. Selain Presiden RI, adapun tokoh agama yang juga hadir di hari pertama, antara lain:

  • Profesor KH Quraish Shihab
  • Habib Nabiel Almusawa
  • Syekh Abdullah Jaydi
  • KH Syukron Ma'mun
  • Ustaz Salim A Fillah
  • Habib Zein
  • Ustaz Adi Hidayat.

Alasan Resepsi Pernikahan Mutiara-Ali Digelar 3 Hari

Resepsi pernikahan anak Anies Baswedan digelar tiga hari, mulai dari Jumat (29/7/2022) hingga Minggu (31/7/2022). Anies pun menjelaskan alasan resepsi pernikahan digelar tiga hari berturut-turut.

"Acaranya juga kami buat dipecah beberapa kali supaya tidak menumpuk tamu yang amat panjang, kami kasihan pada tamu," kata Anies Baswedan saat ditemui di acara resepsi putrinya di kawasan Ancol, Jakarta Utara (31/7/2022).

Anies mengaku juga memikirkan soal antrean panjang tamu jika resepsi harus dilakukan dalam satu sesi. Sehingga, dia menggelar resepsi itu beberapa kali.

"Saya juga membayangkan betapa tidak nyamannya kalau harus ngantri panjang sekali, nah untuk menghindari itu, karena jumlah tamunya cukup banyak, jadi kami membuat jadi beberapa kali," ungkapnya.

Sehingga, dengan adanya kloter resepsi tersebut para tamu merasa dihormati. Selain itu, masyarakat juga tidak terganggu.

"Dengan cara begitu maka yang diundang merasa nyaman, dihormati, masyarakat sekitar tidak terganggu. Sehingga kegiatan resepsi ini kegiatan yang disyukuri oleh semua," ucap Anies.

Suvenir Tanaman di Pernikahan Mutiara-Ali

Tamu undangan pernikahan Mutiara-Ali dihadiahi tanaman hidup. Anies mengatakan jika konsep tanaman tidak hanya soal suvenir saja, melainkan seluruh dekorasi pernikahan putrinya juga menghadirkan tanaman segar.

"Jadi souvenir ini, tanaman, ini juga semuanya alami tanaman. kita ingin yang serba alamiah, kita ingin souvenir itu memberikan pesan tentang keindahan, tentang alam dan tentang kehidupan," kata Anies Baswedan di kawasan Ancol, Minggu (31/7/2022).

Bagi Anies, konsep tumbuhan itu adalah soal memulai lembaran baru bagi kedua mempelai dan para tamu undangan. Sehingga, semuanya akan saling merawat.

"Bahwa ini adalah sebuah babak baru dan bagi semua yang pulang akan kemudian merawat tanaman itu," ucapnya.

"Karena untuk bisa tumbuh berkembang dia harus dirawat. Dan bagi semua yang pulang, akan kemudian merawat tanaman itu, karena untuk bisa tumbuh berkembang dia harus dirawat," lanjutnya.

Makna Ragam Busana Pernikahan Mutiara Baswedan

Anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan memakai beragam busana di hari pernikahannya, mulai dari kebaya adat hingga gaun pengantin. Lantas, apa saja makna dibalik ragam busana yang dipakai Mutiara?

  1. Busana pertama yang dikenakan Mutiara adalah kebaya modern panjang putih. Tujuannya agar suasana akad nikah pada Jumat (29/7/2022) pagi terasa lebih sakral. Kebaya tersebut merupakan rancangan Didiet Maulana.
  2. Pada malam harinya, Mutiara memakai kebaya kutu baru velvet berwarna pink. Kebaya yang dipadukan dengan kain batik Jogja Sido Asih latar Cemeng itu dijahit khusus oleh Dita Soebroto untuk Mutiara.
  3. Kemudian pada Sabtu (30/7/2022) siang, Mutiara mengenakan gaun panjang dari kain songket yang didesain dengan motif parang oleh putra Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo. Selain itu, Mutiara mengenakan suntiang melayu rancangan Rinaldi Yunardo.
  4. Sementara pada malam harinya, Mutiara mengenakan dress ala Grace Kelly berwarna putih yang juga dirancang oleh Didit Prabowo. Gaun ini dipadukan dengan hair piece dari Rinaldi Yunardi.

Lihat video 'Penjelasan Acara Pernikahan Anak Anies Baswedan Digelar 3 Hari Berturut':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT