Sosok Ali Saleh Alhuraiby, Menantu Anies Baswedan

ADVERTISEMENT

Sosok Ali Saleh Alhuraiby, Menantu Anies Baswedan

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 13:36 WIB
Ali Saleh Alhuraiby resmi mempersunting anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. Berikut ini sosok Ali Saleh Alhuraiby.
Sosok Ali Saleh Alhuraiby, Menantu Anies Baswedan (Foto: Instagram @alihuraiby)
Jakarta -

Ali Saleh Alhuraiby resmi mempersunting anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. Ali dan Mutiara sudah sah menjadi pasangan suami istri usai melangsungkan akad nikah, Jumat (29/7/2022).

Lantas, siapa sosok Ali Saleh yang kini menjadi menantu Anies Baswedan? Simak serba-serbinya berikut ini.

Ali Saleh Alhuraiby, Lulusan Kedokteran UI

Dilansir blog mahasiswa Fakulitas Kedokteran UI 2016, Ali Saleh Alhuraiby lahir di Jakarta, 17 September 1997 dan merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara. Sebelum berkuliah di Fakultas Kedokteran UI, Ali sempat menempuh pendidikan di sekolah-sekolah berikut.

  • SDS Muhammadiyah 06
  • SMPN 73 Jakarta
  • SMAN 54 Jakarta.

Ternyata, tidak mudah bagi Ali untuk menjadi mahasiswa FK UI. Ia sempat dua kali tidak lolos ujian SBMPTN sebelum akhirnya dinyatakan menjadi mahasiswa Kedokteran UI 2016.

Ali Saleh Alhuraiby resmi mempersunting anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. Berikut ini sosok Ali Saleh Alhuraiby.Ali Saleh Alhuraiby resmi mempersunting anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. (Foto: dok. Istimewa)

Cerita Ali Berkenalan dengan Mutiara Baswedan

Ali menceritakan awal mula pertemuannya dengan Mutiara atau yang akrab disapa Tia. Saat itu, keduanya sedang mengantre di kantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia.

"Ketemu di kantin RIK, lagi mau ngantre mau bayar. Dia (Tia) belakangan, saya depannya dia waktu itu. Terus pas ngadep belakang, eh (kok cantik) masyaallah ya," ungkap Ali di acara resepsi pernikahannya dengan Tia di Putri Duyung Cottage, Jakarta Utara, Jumat (29/7/2022).

Ali: Awalnya Tidak Tahu Kalau Mutiara adalah Putri Anies

Ali sempat tidak mengetahui jika Mutiara adalah putri dari Anies Baswedan. Ali pun mengaku kaget jika gadis pujaan hatinya adalah anak perempuan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Belum, belum tahu, pas tahu, waduh. Sudah telanjur ini. Jadi ya udah dilanjut saja. Dan alhamdulillah Tia ini komunikasinya dan pemikirannya sama. Kita beda fakultas, beda kehidupan," kata Ali.

Mutiara sendiri adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Deg-degan Saat Ijab Kabul

Ali juga menceritakan pengalamannya sebelum mengucapkan ijab kabul untuk menikahi Tia. Ia mengaku deg-degan, namun bersyukur bisa dilewati dengan baik.

"Pas ijab kabul, jujur, deg-degan, semua laki-laki pasti deg-degan. Tapi alhamdulillah dilewati dengan baik, semua berkah," jelas Ali.

Anies juga bercerita jika dirinya yakin dengan jawaban Ali saat ijab kabul. Menurut Anies, jawaban Ali menandakan kesiapannya untuk menjadi imam putri sulungnya itu.

"Ini putri satu-satunya, pertama, dan bagi saya pengalaman pertama menikahkan. Biasanya saksi. Kalau saksi, udah nggak terhitung. Ini pertama kali, dan tadi alhamdulillah Ali jawabnya lancar, cepat. Insyaallah gambaran dia siap jadi suami," kata Anies.

Lokasi Pernikahan di Ancol

Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara dipilih sebagai tempat pernikahan Mutiara Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby. Lokasi tersebut dipilih karena memiliki area terbuka dan tertutup yang mendukung penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Pertimbangan ini tentu menjadi perhatian kami untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes). Adanya ruang indoor dan outdoor sehingga prokes terkait COVID dapat kami jalankan dengan maksimal," kata Abdillah Rasyid Baswedan, adik Anies, dikutip detikcom, Sabtu (30/7/2022).

Saksikan juga Sosok minggu ini: Sanggar Senja, Selamatkan Anak Jalanan dari Pemerkosaan Hingga Pembunuhan

[Gambas:Video 20detik]



(kny/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT