Merajut Asa di Udara dari Jet Tempur Kolaborasi Korsel-Indonesia

ADVERTISEMENT

Merajut Asa di Udara dari Jet Tempur Kolaborasi Korsel-Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 08:00 WIB
Uji coba penerbangan perdana KF-21 Boramae yang sangat dinantikan oleh pecinta dunia militer dan kedirgantaraan baik di Indonesia maupun dunia itu berjalan sukses.
Uji Terbang Perdana Jet Tempur KF-21 Borame Berjalan Sukses (Foto: Dok. Youtube/Lycma Mil-Tech)
Jakarta -

Korea Selatan dan Indonesia berkolaborasi merajut asa di udara dengan membuat jet tempur KF-21 Boramae. Sebuah prototipe jet tempur KF-21 Boramae pertama yang dikembangkan ini kini telah lulus uji coba terbang kedua.

Dilansir KBS World, Minggu (31/7/2022), menurut Korea Aerospace Industries (KAI) pada hari Jumat (29/7), prototipe beroperasi jet ini terbang selama 39 menit setelah lepas landas.

Jet ini diketahui lepas landas dari landasan pacu Sayap Pelatihan Terbang Ketiga di Sacheon, Provinsi Gyeongsang Selatan, pada pukul 11.02 pagi waktu setempat.

KF-21 terbang dengan kecepatan sekitar 400 kilometer per jam, mirip dengan penerbangan sebelumnya, tetapi menarik roda pendaratannya.

Korea Selatan melakukan proyek 8,8 triliun won mulai 2015 dengan tujuan mengganti armada Angkatan Udara dari jet F-4 dan F-5 yang lebih tua pada 2032.

Indonesia diketahui telah menyepakati kemitraan untuk memikul 20 persen dari program pembangunan Fase Satu.

Setelah menyelesaikan pengembangan jet yang diprediksi selesai pada 2026, Korea Selatan akan menjadi negara kedelapan di dunia yang mampu memproduksi jet tempur supersonik yang dikembangkan secara lokal.

Lihat juga video 'Prabowo Teteskan Air Mata Terharu Disambut Jet Tempur Lanud Iswahyudi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT