ADVERTISEMENT

One Way Arah Jakarta Berakhir, Lalin di Puncak Bogor Kembali Normal

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 23:21 WIB
One way Puncak berakhir
Foto: One way Puncak berakhir (Muchamad Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Satlantas Polres Bogor telah mengakhiri rekayasa lalu lintas satu arah atau one way arah Jakarta yang diterapkan sejak siang tadi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Arus lalin saat ini kembali berlaku dua arah baik untuk kendaraan arah Jakarta maupun sebaliknya.

"Saat ini arus lalin sudah normal dua arah, one way sudah kita akhiri tadi pukul 19.45 Wib. Artinya saat ini, arus kendaraan dibuka baik untuk arah atas (arah Puncak,red) maupun arah Jakarta," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Minggu (31/7/2022) malam.

Saat ini, lanjut Ketut, arus lalulintas di Jalan Raya Puncak sudah berangsur normal lancar. Kepadatan telah terurai dan hambatan terjadi hanya di beberapa titik persimpangan karena aktivitas lalulalang kendaraan yang keluar masuk ke perkampungan.

"Secara umum situasi semua sudah lancar. Ketika one way dihentikan tadi, itu karena sudah berdasarkan pertimbangan bahwa memang kondisinya sudah memungkinkan untuk diberlakukan dua arah kembali," kata Ketut.

Seperti diketahui, volume kendaraan di Jalan Raya Puncak mengalami peningkatan sejak Jumat, Sabtu dan Minggu. Sehingga terjadi kepadatan kendaraan saat arus balik wisatawan hari ini.

Untuk mengurai kemacetan Satlantas Polres Bogor menerapkan rekayasa Lalulintas berupa sistem satu arah atau one way untuk kendaraan arah Jakarta. Rekayasa lalulintas ini diterapkan sejak sekitar pukul 11.30 Wib.

"Saat ini sedang diberlakukan sistem satu arah atau one way untuk kendaraan arah bawah, arah Jakarta. Jadi kendaraan arah Puncak untuk sementara disetop selama one way arah Jakarta diberlakukan," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Ipda Ardian Novianto, Minggu (31/7).

Ardian menyebut, sistem one way diberlakukan karena volume kendaraan yang mengarah Jakarta mengalami peningkatan. Hal ini bersamaan dengan arus balik wisatawan, Bogor yang akan kembali pulang usai berlibur di kawasan Puncak

"Untuk situasi lalin, arus kendaraan arah bawah atau arah Kota Bogor dan Jakarta memang mengalami peningkatan. Mungkin ini akumulasi kendaraan yang datang sejak Jumat, Sabtu dan hari ini. Sementara arus kendaraan arah Puncak memang kondisinya dari pagi cukup sepi," kata Ardian.

"Makanya untuk mengurai kepadatan, tadi kita berlakukan one way sejak pukul 11.30 wib, sampai nanti kalau sudah aman dan berdasarkan pertimbangan dimungkinkan untuk kebali diberlakukan normal dua arah, ya kita normalkan kembali. Saat ini kita prioritas arus ke bawah dulu (arah Jakarta)," tambahnya.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT