ADVERTISEMENT

Jejak Penyunting Hoax Profil Irjen Fadil Imran hingga Akhirnya Dimaafkan

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 08:29 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Nyoman Edi (dok. IG Kapolda Metro Jaya)
Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Nyoman Edi (dok. IG Kapolda Metro Jaya)
Jakarta -

Kasus penyunting profil Wikipedia Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kini selesai. Fadil kini telah memaafkan tersangka yang bernama Nyoman Edi (33). Begini rekam jejak kasus tersebut mulai dilaporkan hingga disetop.

26 Juli Kasus Dilaporkan

Hoax penyuntingan itu awalnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Sahabat Polisi Indonesia. Ketum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh menjelaskan, dia mengetahui adanya berita 'Fadil Imron menerima suap dari Ferdy Sambo' itu dari Twitter pada 23 Juli 2022.

Dia kemudian menelusuri dan menemukan berita hoax itu di Wikipedia.

"Kemudian, di malamnya, saya cek di Wikipedia ternyata betul ini, ada beberapa poin yang disunting yang dirubah oleh dia. Salah satunya betul yang tadi saya ucapkan di Twitter bahwa 'Irjen Fadil Imran diduga menerima suap dari Ferdy Sambo agar tidak menangkap dan menahan dirinya dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J Hutabarat di tahun 2022'," beber Fonda kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (26/7).

Fonda menyebut suntingan itu sudah dihapus satu hari setelah dia melihat di website Wikipedia. Dia sendiri tidak mengetahui secara rinci siapa pihak yang menyunting profil Irjen Fadil.

"Setelah malam saya buka ternyata ada dan kemudian paginya sudah dihapus lagi, untung saya screenshot. Mungkin nanti tim cyber dari Polda Metro mungkin akan mendalami ini, cuman saya melaporkan yang ada di sini saja," papar Fonda.

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/3806/VII/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tanggal 26 Juli 2022. Dalam laporan tersebut, Fonda melaporkan penyunting dengan Pasal 14 ayat (2) dan Pasal 15 KUHP tentang penyebaran berita bohong.

29 Juli Pelaku Ditangkap

Polda Metro Jaya mengusut penyuntingan hoax profil Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Wikipedia. Terkini, Polda Metro Jaya telah mengidentifikasi pelaku yang diduga telah menyunting profil Fadil Imran dengan menyisipkan kalimat hoax tersebut.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi seorang pelaku yang diduga kuat telah melakukan penyuntingan di Wikipedia.

"Sudah teridentifikasi," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Fadil Imran temui pelaku dan memaafkan, hingga meminta kasus itu disetop, simak di halaman berikut

Simak juga Video: Laporan ke Penyunting Wikipedia Irjen Fadil Imran Dicabut

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT