ADVERTISEMENT

Motif Penyunting Hoax di Profil Wikipedia Irjen Fadil Imran: Iseng

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 14:32 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Nyoman Edi (dok. IG Kapolda Metro Jaya)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Nyoman Edi (dok. IG Kapolda Metro Jaya)
Jakarta -

Penyunting hoax profil Wikipedia Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ditangkap. Pria bernama Nyoman Edi (33) itu mengaku mengedit profil Irjen Fadil karena punya pengalaman tidak baik dengan polisi serta untuk iseng.

Pengakuan itu disampaikan oleh Nyoman Edi dalam pertemuannya dengan Fadil Imran seperti diunggah di akun Instagram resmi Kapolda Metro Jaya seperti dilihat detikcom, Sabtu (30/7/2022).

Dalam pertemuan itu, Nyoman tampak mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Nyoman diperkenalkan oleh personel polisi sebagai tersangka.

Fadil mengawali pembicaraan dengan bertanya alasan Nyoman mengedit profilnya di Wikipedia. Menurut Nyoman, dirinya sengaja mengedit profil Fadil karena punya pengalaman tidak menyenangkan dengan polisi.

"Kenapa, Man, kamu mengedit Wikipedia saya?" tanya Fadil Imran.

"Saya punya pengalaman buruk, kurang baik dengan anggota kepolisian," ujar Nyoman Edi.

Fadil lalu bertanya apakah Nyoman pernah mengenal dirinya sebelum mengedit Wikipedia itu atau tidak. Dia kembali bertanya tujuan Nyoman mengedit profilnya.

"Mengedit itu maksudnya supaya apa?" tanya Fadil.

"Keisengan saja," ucap Nyoman.

Fadil mengaku tidak terlalu peduli pada editan Nyoman di profil Wikipedia-nya. Dia menilai hal tersebut merupakan risiko sebagai pejabat publik.

"Nyoman, saya tidak terlalu peduli dengan editan-editan kamu itu," ujar Fadil.

Fadil mengatakan ingin memberi edukasi kepada semua pihak agar memahami etika saat menggunakan internet. Dia mengaku telah memaafkan Nyoman dan menegaskan tidak pernah melaporkan Nyoman.

"Nggak usah khawatir, saya maafkan kok. Dari awal saya tidak pernah mau melaporkan, tidak merasa sakit hati sama sekali dengan editan Nyoman itu," ucapnya.

Fadil mengatakan meminta agar dipertemukan dengan Nyoman. Dia mengaku telah meminta agar kasus yang menjerat Nyoman disetop.

"Saya minta kepada penyidik supaya nggak usah diproses hukum. Habis ini yang penting Nyoman menyadari ini sesuatu yang buruk, jangan diulangi lagi, selesai," ujar Fadil.

"Terima kasih, Bapak," ujar Nyoman.

Simak video 'Ferdy Sambo Hingga Fadil Imran Jadi Sasaran Akun @rakyatjelata_98':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT