Polisi Turunkan Puslabfor Selidiki Penyebab Bangunan Roboh di Jakpus

ADVERTISEMENT

Polisi Turunkan Puslabfor Selidiki Penyebab Bangunan Roboh di Jakpus

Mulia Budi - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 11:05 WIB
Bangunan semi permanen berlantai tiga ini ambruk pada Kamis (28/7) sore, dua orang luka dan satu orang meninggal dunia. Begini kondisi terkini rumah ambruk di Johar Baru.
Bangunan roboh di Jakpus (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polisi masih mendalami penyebab bangunan roboh di Jl Rawa Sawah II, Johar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus). Polisi menurunkan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) ke lokasi hari ini.

"Hari ini Labfor turun, ya," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Sabtu (29/7/2022).

Komarudin mengatakan pihaknya juga akan memeriksa izin mendirikan bangunan (IMB) tersebut. Dia menyebut pihaknya menunggu hasil pemeriksaan tim Puslabfor hari ini.

"Kita tidak bisa mengatakan itu duluan ya karena Labfor hari ini akan ngecek kondisi bangunan, termasuk nanti kita akan cek masalah IMB dan lain sebagainya," tuturnya.

Lebih lanjut, Komarudin mengatakan ada tiga saksi yang sudah dimintai keterangan. Menurutnya, pemeriksaan saksi itu berpotensi bertambah seusai pemeriksaan tim Puslabfor.

"Nanti pastinya dari saksi-saksi yang sudah kita mintai keterangan di awal ini, kemudian nanti dari hasil Labfor. Nah, dari Labfor itulah nanti tentunya akan ada pastinya akan ada tambahan saksi, mulai pemilik rumah, terus apakah ada keterkaitannya dengan galian dan sebagainya," tutur Komarudin.

"Masih warga dulu, pemilik bangunan belum bisa kita mintai keterangan, kemarin kurang sehat ya. Saksi diperiksa baru kemarin dua apa tiga, nanti dari hasil Labfor kita kembangin," imbuhnya.

Seperti diketahui, sebuah bangunan di Johar Baru, Jakarta Pusat, roboh pada Kamis (28/7) kemarin. Satu orang dilaporkan meninggal dunia dan dua orang luka ringan.

"Informasi sementara, terdapat 3 korban (2 orang luka ringan dan 1 orang meninggal dunia)," tulis Damkar DKI melalui akun Instagramnya, @humasjakfire, Kamis (28/7/2022).

Sebanyak 21 petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk evakuasi. Evakuasi bangunan roboh itu dilakukan sejak pukul 16.35 WIB.

"Operasi evakuasi bangunan runtuh dimulai pukul 16.35 WIB. Satu unit LFT, 3 unit light rescue, dan 1 unit collapsible beserta 21 personel dikerahkan di TKP," lanjut Damkar.

Lihat juga video 'Penampakan Bangunan Roboh di Jakpus Bikin Lalin Terganggu':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT