Koalisi Semut Merah PKB-PKS Layu Sebelum Berkembang

ADVERTISEMENT

Koalisi Semut Merah PKB-PKS Layu Sebelum Berkembang

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 07:22 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu Bertemu Ketum PKB Cak Imin (Foto: Karin/detikcom)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bertemu Ketum PKB Cak Imin (Karin/detikcom)
Jakarta -

PKB kian intens dan siap membangun kerja sama politik dengan Partai Gerindra. Hal ini membuat wacana Koalisi Semut Merah PKB dan PKS layu sebelum berkembang.

PKB sendiri sebelumnya pernah menyebut siap berkoalisi dengan PKS dan membentuk Koalisi Semut Merah. Namun kini PKS menyatakan wacana Koalisi Semut Merah otomatis batal setelah PKB semakin intens dengan Gerindra.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan pihaknya menghormati PKB dengan Gerindra, yang kini mematangkan koalisi untuk menyongsong kontestasi Pemilu 2024. Syaikhu berharap kerja sama itu bisa memunculkan kandidat lebih banyak lagi pada pilpres nantinya.

"Tentu kita menghormati kalau ada partai-partai yang mau melakukan koalisi, saya hormati. Kalau PKB dengan Gerindra kita hormatilah, bagian dari apa namanya... yang harus kita jaga bersama agar tadi lebih banyak lagi kandidat yang bisa maju dalam kontestasi Pemilu 2024," kata Syaikhu di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

Dengan begitu, kata Syaikhu, Koalisi Semut Merah dengan PKB otomatis batal. PKS masih akan merundingkan langkah selanjutnya.

"Ya otomatis (batal)," kata Syaikhu saat menjawab apakah Koalisi Semut Merah batal.

"(Koalisi) akan dibahas nanti lebih lanjut dengan apa namanya Majelis Syura, ke depan akan kita akan laksanakan," ujarnya.

Koalisi 'Semut Merah'

Sebelumnya, PKS dan PKB mesra dan memunculkan istilah Koalisi Semut Merah. Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi menyatakan membuka peluang bagi siapa pun sebagai capres dalam koalisi dengan PKB, termasuk sosok Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Semoga pertemuan kita mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT. Kita tidak mau terjadi sebuah keputusan di last minute deal politic, jangan kayak kemarin," kata Aboe Bakar dalam konferensi pers bersama Waketum PKB Jazilul Fawaid di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

"Kita penginnya 3 bulan sebelum sudah oke, misalkan Gus Ami (Cak Imin) mau presiden, silakan. Bismillah, nggak apa-apa, kita nggak ada masalah," imbuh dia.

Simak video 'Gerinda-PKB Makin Erat, PKS: Koalisi Semut Merah Otomatis Batal':

[Gambas:Video 20detik]



Simak halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT