Kalender Hijriyah 2022, Mengenal Kalender Islam

ADVERTISEMENT

Kalender Hijriyah 2022, Mengenal Kalender Islam

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 18:30 WIB
Kalender Hijriyah 2022, Mengenal Kalender Islam
Kalender Hijriyah 2022, Mengenal Kalender Islam | Foto: Getty Images/iStockphoto/pcess609
Jakarta -

Kalender Hijriyah 2022 cukup banyak dicari masyarakat menjelang pergantian bulan dan mendekati perayaan Tahun Baru Islam 2022. Kalender hijriyah juga perlu diketahui masyarakat terutama kaum muslim karena kalender hijriyah sangatlah penting untuk mengetahui penentuan hari besar dalam Islam.

Simak informasi berikut ini seputar Kalender Hijriyah 2022 atau Kalender Islam.

Apa Itu Kalender Hijriyah 2022? Mengenal Kalender Islam

Kalender Hijriyah 2022 atau Kalender Islam adalah kalender penanggalan hijriyah dengan sistem penanggalan yang ditentukan berdasarkan siklus bulan atau qamariyah. Sistem penanggalan dalam kalender hijriyah 2022 berbeda dengan sistem penanggalan dalam kalender masehi 2022, yang berdasarkan siklus matahari.

Kalender hijriyah merupakan penanggalan yang penting bagi umat Islam. Penggunaan kalender hijriyah 2022 bagi umat Islam adalah untuk menentukan kapan peringatan hari penting atau hari besar agama Islam. Adapun hari besar agama Islam itu antara lain:

  • Tahun Baru Islam/ Tahun Baru Hijriyah
  • Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Isra' Mi'raj
  • Nuzulul Qur'an
  • Lailatul Qadar
  • Hari Raya Idul Fitri
  • Hari Raya Idul Adha

Kalender hijriyah 2022 juga digunakan untuk menentukan kapan pelaksanaan ibadah bagi umat muslim, seperti kapan pelaksanaan puasa sunnah, pelaksanaan haji, pelaksanaan kurban, dan lainnya. Maka dari itu kalender hijriyah sangatlah penting bagi umat Islam.

Sejarah Kalender Hijriyah atau Kalender Islam

Membahas sejarah kalender hijriyah atau awal penanggalan hijriyah adalah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Peristiwa itu merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Hari itulah yang kemudian ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriyah atau kalender Islam yakni 1 Muharram 1 Hijriyah.

Adapun sejarah penetapan awal penanggalan kalender hijriyah yang menjadi awal tahun hijriyah adalah tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab. Dilansir dari situs resmi Al Ain University, sejarah penentuan kalender hijriyah itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Penggunaan penanggalan hijriyah sebagai momen awal kalender Islam itu adalah dengan ditetapkannya tahun 622 Masehi (hijrahnya Nabi Muhammad SAW) sebagai tahun pertama kalender hijriyah. Kala itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA, yang dilansir detikcom Minggu (24/5/2020), setidaknya ada lima usulan yang muncul dalam musyawarah tentang momentum yang akan digunakan sebagai penanggalan hijriyah, antara lain sebagai berikut:

  1. Momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW. ('Aam al-Fill, 571 M).
  2. Momentum pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul ('Aam al-Bi'tsah, 610 M).
  3. Momentum Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.
  4. Momentum wafatnya Nabi Muhammad SAW.
  5. Momentum Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah atau pisahnya negeri syirik ke negeri mukmin. Pada waktu itu, Mekkah dinamakan Negeri Syirik atau bumi syirik. Pendapat terakhir ini diusulkan oleh Ali bin Abi Thalib.

Nama-Nama Hari dalam Kalender Hijriyah 2022

Dalam kalender hijriyah atau kalender islam, penamaan hari juga ada yang berbeda dengan penamaan hari dalam kalender masehi, seperti yang kita ketahui dan gunakan saat ini. Walaupun ada beberapa nama hari yang sama atau mirip.

Adapun nama-nama hari dalam kalender hijriyah adalah sebagai berikut:

  1. al-Aḥad: Minggu
  2. al-Itsnayn: Senin
  3. ats-Tsalaatsa: Selasa
  4. al-Arba'a: Hari Rabu
  5. al-Khamsatun: Hari Kamis
  6. aj-Jumu'ah: Hari Jumat
  7. as-Sabat: Hari Sabtu

Nama-Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah 2022

Jumlah bulan dalam kalender hijriyah ada 12 bulan. Dikutip dari perpustakaan digital UIN Walisongo, kalender pra Islam memiliki 12 bulan yang masing-masing berjumlah 29 atau 30 hari. Sehingga jumlah hari dalam satu tahun kalender hijriyah adalah 354 hari.

Berikut nama-nama bulan dalam kalender hijriyah beserta artinya:

  1. Muharam (bulan yang disucikan)
  2. Safar (bulan yang dikosongkan)
  3. Rabiul awal (musim semi pertama)
  4. Rabiul akhir (musim semi kedua)
  5. Jumadil awal (musim kering pertama)
  6. Jumadil akhir (musim kering kedua)
  7. Rajab (bulan pujian)
  8. Sya'ban (bulan pembagian)
  9. Ramadhan (bulan yang sangat panas)
  10. Syawal (bulan berburu)
  11. Zulkaidah (bulan istirahat)
  12. Zulhijjah (bulan haji).

Demikian informasi seputar kalender hijriyah 2022 untuk mengenal tentang kalender dalam Islam. Semoga bermanfaat.

Simak juga 'Isi Pertemuan PKS dan PP Muhammadiyah Singgung 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT