ADVERTISEMENT

Tahun Baru Islam ke Berapa Sekarang? Ini Penjelasannya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 18:05 WIB
Tahun Baru Islam ke Berapa Sekarang? Simak Jawabannya
Tahun Baru Islam ke Berapa Sekarang? Simak Jawabannya | Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph
Jakarta -

Tahun Baru Islam ke berapa sekarang? Ini menjadi pertanyaan menjelang dirayakannya Tahun Baru Islam tahun 2022. Tahun Baru Islam merupakan salah satu hari besar bagi umat muslim.

Lantas, Tahun Baru Islam ke berapa sekarang ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Penetapan Awal Tahun Baru Islam

Sebelum menjawab tentang Tahun Baru Islam ke berapa sekarang? Perlu diketahui terlebih dahulu sejarah penetapan awal Tahun Baru Islam. Sejarah penetapan awal penanggalan hijriah atau awal Tahun Baru Islam adalah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah.

Peristiwa penting dalam sejarah Islam itu terjadi pada tahun 622 Masehi. Hari itu ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriah.

Dilansir dari laman resmi Al Ain University, sejarah penentuan awal Tahun Baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Penggunaan penanggalan hijriah sebagai momen awal kalender Islam itu dengan ditetapkannya tahun pertama kalender hijriah adalah pada tahun 622 Masehi, 17 tahun setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar.

Tahun Baru Islam ke Berapa Sekarang? Simak JawabannyaIlustrasi Kalender | Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat

Tahun Baru Islam ke Berapa Sekarang? Tahun Baru Islam 1444 H

Untuk diketahui bahwa sistem perhitungan dalam penanggalan kalender Islam itu berbeda dengan sistem perhitungan dalam penanggalan kalender masehi. Sehingga untuk menghitung Tahun Baru Islam ke berapa sekarang itu tidak dengan menghitung manual seperti perhitungan tahun baru masehi. Adapun menurut perhitungan kalender hijriah, Tahun Baru Islam 2022 adalah Tahun Baru Islam ke 1444 Hijriah.

Kapan Tahun Baru Islam 2022? Pada Tanggal 30 Juli 2022

Pertanyaan Tahun Baru Islam ke berapa sekarang sudah diketahui, selanjutnya perlu diketahui kapan Tahun Baru Islam 2022 dirayakan. Untuk menjawab pertanyaan itu perlu merujuk pada SKB 3 Menteri. Surat Keputusan Bersama 3 Menteri itu berisi penentuan hari libur nasional. Termasuk penetapan Tahun Baru Islam 2022.

Menurut SKB 3 Menteri, Tahun Baru Islam 2022 adalah pada tanggal 30 Juli 2022. Artinya, penetapan tanggal 1 Muharram 1444 H jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. Dan, tanggal 30 Juli 2022 itu ditetapkan sebagai hari libur nasional dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 2022.

Sampai saat ini, keputusan tersebut masih sama alias tidak ada perubahan. Sehingga, bagi yang bertanya apakah Tahun Baru Islam 2022 diundur, mengingat penetapan Idul Adha 2022 mundur satu hari dari tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, jawabannya adalah tidak. Tahun Baru Islam 2022 tidak diundur dan tetap diperingati pada tanggal 30 Juli 2022.

Mengenal Urutan Bulan dalam Kalender Islam

Tahun Baru Islam ke berapa sekarang adalah yang ke 1444 Hijriah. Tahun Baru Islam dimulai dan diperingati pada tanggal 1 bulan Muharram. Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam atau kalender hijriah.

Adapun jumlah bulan dalam kalender Islam ada 12 bulan. Dikutip dari perpustakaan digital UIN Walisongo, kalender pra Islam memiliki 12 bulan yang masing-masing berjumlah 29 atau 30 hari. Sehingga jumlah hari dalam satu tahun kalender adalah 354 hari.

Berikut urutan 12 bulan dalam kalender Islam beserta artinya:

  1. Muharam (bulan yang disucikan)
  2. Safar (bulan yang dikosongkan)
  3. Rabiul awal (musim semi pertama)
  4. Rabiul akhir (musim semi kedua)
  5. Jumadil awal (musim kering pertama)
  6. Jumadil akhir (musim kering kedua)
  7. Rajab (bulan pujian)
  8. Sya'ban (bulan pembagian)
  9. Ramadhan (bulan yang sangat panas)
  10. Syawal (bulan berburu)
  11. Zulkaidah (bulan istirahat)
  12. Zulhijjah (bulan haji).

Terkait total 12 bulan dalam sistem penanggalan Islam juga disebutkan dalam Al Quran surat At Taubah ayat 36.

Jadi, Tahun Baru Islam ke berapa sekarang? Tahun Baru Islam 2022 adalah Tahun Baru Islam ke 1444 Hijriah. Demikian informasi seputar Tahun Baru Islam dan penanggalan hijriah dalam kalender Islam. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT