Kirab Adalah Apa? Mari Disimak Jelang Malam 1 Suro

ADVERTISEMENT

Kirab Adalah Apa? Mari Disimak Jelang Malam 1 Suro

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 18:15 WIB
Kirab Adalah Apa? Hubungan Kirab dengan Malam 1 Suro
Kirab Adalah Apa? Hubungan Kirab dengan Malam 1 Suro | Foto: Charolin Pebrianti
Jakarta -

Kirab adalah apa? Ini menjadi pertanyaan yang cukup banyak dicari oleh masyarakat belakangan ini. Hal itu sehubungan dengan perayaan Malam 1 Suro. Mungkin masih banyak yang belum tahu betul apa itu kirab budaya.

Simak informasi berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kirab adalah apa atau apa itu kirab budaya.

Kirab Adalah Apa? Mengenal Apa itu Kirab

Untuk mengetahui pengertian kirab adalah apa dapat merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dikutip dari laman KBBI Kemdikbud RI, kirab adalah perjalanan bersama-sama atau beriring-iring secara teratur dan berurutan dari depan ke belakang.

Kirab biasa dilakukan dalam suatu rangkaian acara atau upacara seperti adat, keagamaan, dan sebagainya. Kirab disebut juga dengan istilah pawai atau arak-arakan. Kirab adalah suatu bentuk simbol penghormatan dalam rangkaian acara atau upacara yang diselenggarakan.

Kirab biasa diadakan dalam berbagai acara atau upacara seperti pada acara pernikahan yang biasa disebut dengan kirab manten, upacara kebudayaan tertentu, sampai upacara keagamaan seperti ketika perayaan malam 1 Suro.

Kirab dalam Perayaan Malam 1 Suro

Kirab adalah apa sudah diketahui melalui penjelasan selanjutnya. Dapat diketahui pula bahwa kirab adalah salah satu kegiatan yang ada dalam perayaan malam 1 Suro untuk menyambut Tahun Baru Islam.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud RI, perayaan malam satu Suro sangat lekat dengan budaya Jawa yang biasanya terdapat ritual tradisi iring-iringan rombongan masyarakat atau kirab. Kirab adalah biasa dilakukan dalam perayaan malam 1 Suro di beberapa daerah di Jawa, seperti di Solo dan di Yogyakarta.

Kirab dalam perayaan malam 1 Suro di Solo biasanya dengan adanya hewan khas yang disebut kebo (kerbau) bule. Kebo Bule Kyai Slamet menjadi salah satu daya tarik bagi warga yang menyaksikan perayaan malam 1 Suro dan konon dianggap keramat oleh masyarakat setempat karena hewan ini termasuk pusaka penting milik keraton.

Kirab dalam perayaan malam 1 Suro di Yogyakarta biasanya selalu identik dengan membawa keris dan benda pusaka sebagai bagian dari iring-iringan. Dalam kirab iring-iringan juga biasanya ada beberapa hasil kekayaan alam berupa gunungan tumpeng serta benda pusaka yang dijadikan sajian khas.

Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta

Kirab adalah sering kali diadakan dalam perayaan malam 1 Suro dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah. Dilansir dari laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, bagi masyarakat Jawa di Indonesia, malam 1 Suro merupakan malam yang amat sakral.

Pada malam 1 Suro, masyarakat Jawa di Indonesia biasa melakukan berbagai macam ritual tergatung daerahnya masing-masing. Seperti Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta.

Kirab Malam Satu Suro itu diselenggarakan pada malam hari tepatnya malam sebelum tanggal 1 Muharram. Untuk diketahui, ritual kirab adalah sebagai tradisi malam satu Suro itu selalu dilaksanakan selama ratusan tahun di Surakarta secara turun temurun.

Pada malam ritual Kirab Satu Suro di Keraton Surakarta diikuti oleh ribuan orang, mulai dari Raja beserta keluarga dan kerabat, abdi dalam wilayah Solo Raya, hingga masyarakat umum. Semua peserta kirab adalah menggunakan pakaian warna hitam, dimana laki-laki menggunakan busana Jawi jangkep dn wanita menggunakan kebaya hitam.

Selama prosesi kirab berlangsung tidak ada satupun peserta kirab yang mengucapkan satu patah kata. Hal itu memiliki makna perenungan diri terhadap apa yang sudah dilakukan selama satu tahun belakangan.

Demikian informasi tentang apa itu kirab. Kirab adalah iring-iringan atau arak-arakan dalam rangkaian acara atau upacara kebudayaan atau keagamaan tertentu. Kirab disebut juga dengan istilah pawai. Semoga bermanfaat.

Simak juga 'Lima Kebo Bule Dikarantina Jelang Kirab Malam 1 Suro':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT