ADVERTISEMENT

Status Gunung Raung Naik Jadi Waspada!

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 11:34 WIB
Foto PPGA saat Gunung Raung meletus
Ilustras Gunung Raung (Foto: Istimewa/PPGA Raung)
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM menaikkan status Gunung Raung di Jawa Timur (Jatim) dari level 1 atau normal ke level 2 atau waspada. Status itu naik karena kondisi kawah Gunung Raung belum stabil.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawah Gunung Api Raung maka terhitung 29 Juli 2022, pukul 08.00 WIB, tingkat aktivitas Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada)," tulis PBMBG dalam akun Twitter resminya, Jumat (29/7/2022).

PVMBG juga menyertakan peta kawasan sekitar Gunung Raung. PVMBG menyatakan tidak boleh ada kegiatan manusia pada radius 3 Km dari kawah.

Selain itu, ada juga kawasan rawan bencana III dengan radius 3 Km yang berarti terancam aliran awan panas dan gas beracun. Selanjutnya, ada kawasan rawan bencana II dengan radius 8 Km dari kawah yang berpotensi terkena aliran awan panas, lava dan lahar.

Berikutnya, ada kawasan rawan bencana I dengan radius 10 Km dari kawah Gunung Raung. Kawasan itu berpotensi terlanda aliran lahar, hujan abu hingga lontaran batu pijar.

Simak juga 'Kala Dampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT