Status Gunung Raung Terkini, Kenali 4 Level Status Gunung Api

ADVERTISEMENT

Status Gunung Raung Terkini, Kenali 4 Level Status Gunung Api

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 12:02 WIB
Status Gunung Raung Terkini, Kenali 4 Level Status Gunung Api
Status Gunung Raung Terkini, Kenali 4 Level Status Gunung Api | Foto: Dok. PPGA Raung
Jakarta -

Status Gunung Raung terkini perlu diketahui oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah sekitar Gunung Raung. Diketahui Gunung Raung di Jawa Timur meletus pada Rabu (27/7/2022).

Simak informasi terkini seputar status Gunung Raung berikut ini.

Berita Gunung Raung Meletus

Gunung Raung meletus pada hari Rabu, 27 Juli 2022, sekitar pukul 17.19 WIB. Hal itu dibenarkan oleh Kepala pos pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo.

"Benar. Gunung Raung meletus sekitar pukul 17.19 WIB," katanya, seperti dikutip dari detikJatim, Rabu (27/7/2022).

Gunung Raung meletus selama sekitar 9 menit. Dalam rekaman seismograf, kata Mukijo, Gunung Raung erupsi selama 9 menit.

"Berlangsung sekitar 9 menit. Mulai pukul 17.19 WIB hingga jam 17.28 WIB," tegasnya.

Pihak PPGA Raung mendapatkan foto atau gambar Gunung Raung meletus itu dari Jampit Bondowoso. Asap abu-abu mengepul di arah barat dan barat laut.

Status Gunung Raung Level 1 dan Jarak Aman 2 Km

Gunung Raung yang mengalami erupsi itu terletak di perbatasan Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Hingga saat ini, status Gunung Raung masih normal. Status Gunung Raung saat ini adalah Level 1.

"Sampai saat ini tidak terekam adanya erupsi susulan," ujar Mukijo.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo juga mengimbau kepada warga sekitar yang tinggal di dekat Gunung Raung untuk tidak beraktivitas sejauh 2 kilometer dari puncak Gunung Raung.

"Jarak aman 2 kilometer dari puncak," kata Mukijo.

Apa Itu Status Gunung Raung Level 1?

Status Gunung Raung terkini sudah diketahui, yaitu berstatus normal (level 1). Lantas, apa yang dimaksud dengan level 1 status Gunung Raung? Dan apa saja level atau tingkatan status gunung api di Indonesia? Simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari laman resmi Indonesiabaik.id, setiap negara memiliki sistem atau status peringatan dalam menganalisa aktivitas vulkanik gunung api yang berbeda-beda. Indonesia menggunakan sistem peringatan dari level aktif normal, hingga level awas. Sementara di Rusia, mereka menggunakan sistem peringatan berupa warna.

Untuk diketahui, level 1, seperti status Gunung Raung saat ini, itu merupakan status yang masih tergolong normal. Adapun status awas merupakan status paling bahaya dalam sistem peringatan aktivitas vulkanis gunung api di Indonesia.

Tingkatan Level Status Gunung Api di Indonesia

Masih melansir dari laman yang sama, level status peringatan aktivitas vulkanis gunung api di Indonesia ada empat tingkatan status. Masing-masing level status menandakan kondisi dan aktivitas vulkanik gunung api yang berbeda-beda.

Berikut tingkatan level status gunung api di Indonesia:

  • Level 1: Aktif Normal
    Status Aktif Normal adalah tidak ada perubahan aktivitas secara visual, seismik, dan kejadian vulkanik pada gunung api yang diamati. Hal ini menunjukan tidak ada letusan hingga kurun waktu tertentu. Pada status level 1, berdasarkan pengamatan dari hasil visual, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya, kegiatan gunung api tersebut tidak memperlihatkan adanya kelainan. Jadi, status Gunung Raung level 1 masih termasuk normal.
  • Level 2: Waspada
    Status Waspada adalah menunjukkan aktivitas seismik mulai meningkat dan mulai muncul kejadian vulkanik. Pada status level 2 juga mulai terlihat perubahan visual di sekitar kawah. Mulai terjadi gangguan magmatik, tektonik, atau hidrotermal, namun diperkirakan tak terjadi erupsi dalam jangka waktu tertentu.
  • Level 3: Siaga
    Status Siaga adalah terdapat peningkatan seismik yang didukung dengan pemantauan vulkanik lainnya. Level ini terlihat jelas perubahan baik secara visual maupun perubahan aktivitas kawah. Menurut analisis data observasi, kondisi tersebut akan diikuti dengan letusan utama. Artinya, jika peningkatan aktivitas gunung api terus berlanjut, kemungkinan erupsi besar mungkin terjadi dalam kurun dua pekan.
  • Level 4: Awas
    Status Awas adalah kondisi paling memungkinkan terjadinya erupsi atau letusan. Status Awas menyatakan letusan utama yang dilanjutkan dengan letusan awal, diikuti semburan abu dan uap. Setelah itu akan diikuti dengan erupsi besar. Dalam kondisi tersebut, kemungkinan erupsi besar akan berlangsung dalam kurun 24 jam.

Demikian informasi seputar status Gunung Raung serta tingkatan status level gunung api di Indonesia.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT