ADVERTISEMENT

Menlu: Pemimpin Dunia Apresiasi Jokowi dalam Upaya Perdamaian Global

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 22:17 WIB
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai. Pertemuan itu berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.
Presiden Jokowi (kanan) dan Menlu Retno Marsudi (tengah) (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam tugasnya kerap mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke berbagai negara. Menlu Retno mengatakan para pemimpin dunia memberikan apresiasi kepada Jokowi dalam upaya perdamaian dunia.

Hal tersebut diungkap Menlu Retno usai pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol, seperti dilihat di akun YouYube Sekretariat Presiden, Kamis (28/8/2022). Pertemuan itu membahas berbagai hal mulai dari kerja sama ekonomi hingga isu dunia.

"Kedua, di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas dan upaya containment, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara dunia," kata Retno.

"Upaya ini akan terus dilakukan, dan dalam setiap pertemuan, para pemimpin memberikan apresiasi terhadap kepimpinan Presiden Jokowi dalam memberikan kontribusi bagi perdamaian dan permasalahan global," imbuhnya.

Jokowi diketahui dalam beberapa bulan terakhir ini kunjungan ke berbagai negara, yang terbaru ke Asia Timur yakni China, Jepang, dan Korsel. Hal ini dinilai akan berdampak bagi KTT G20 di Bali, Indonesia.

"Ketiga, kunjungan ini tentunya akan memperkuat dukungan bagi presidensi Indonesia, terutama persiapan yang terkait KTT G20," ujarnya.

Di sisi lain, pertemuan Jokowi dengan pemimpin negara China, Jepang, dan Korsel juga akan memperkuat posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun depan.

"Keempat, mempertimbangkan posisi startegis ketiga negara tersebut dalam hubungan dengan ASEAN, dan mengingat Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN tahun depan, maka kunjungan ini akan sangat bermanfaat bagi persiapan keketuaan Indonesia tahun depan," imbuhnya.

Pada bulan lalu, Jokowi dengan didampingi Ibu Negara Iriana juga sempat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengupayakan perang antara kedua negara itu dapat berakhir.

(rfs/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT