ADVERTISEMENT

Jokowi dan Presiden Korsel Bahas Denuklirisasi hingga Isu Myanmar

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 21:09 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol
Presiden Jokowi dan Presiden Yoon Suk-yeol (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dia menyampaikan, investasi Korsel di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Khususnya di bidang industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik, industri kabel listrik, telekomunikasi, hingga energi terbarukan.

Sementara itu, Presiden Korsel Yoon sebelumnya mengungkapkan pandangan kedua kepala negara soal ancaman nuklir. Yoon mengatakan sepakat untuk perdamaian dunia.

"Kami berdua memiliki pandangan yang sama bahwa ancaman nuklir dan rudal Korea Utara mengkhawatirkan dan sepakat berupaya bersama untuk menyatukan masyarakat internasional dalam menghadapi hal tersebut," kata Yoon.

Dia juga membicarakan soal kerja sama pengembangan proyek jet tempur KF21 yang telah sukses melakukan uji terbang perdana. Dia mengatakan Indonesia dan Korsel bertekad untuk terus meningkatkan kerja sama pengembangan jet tempur ini agar berjalan hingga selesai.

"Kerja sama bidang pertahanan dan industri pertahanan adalah pilar penting dalam hubungan kedua negara. KF21 atau IFX jet tempur generasi terbaru yang dikembangkan oleh kedua negara telah sukses dilakukan uji terbang perdana beberapa waktu ini dan kedua negara menyambut capaian tersebut," katanya.


(rfs/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT