ADVERTISEMENT

Jokowi dan Presiden Korsel Bahas Denuklirisasi hingga Isu Myanmar

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 21:09 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol
Presiden Jokowi dan Presiden Yoon Suk-yeol (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol sebelum bertolak ke Tanah Air. Dalam pertemuan kedua kepala negara dibahas soal denuklirisasi hingga isu Myanmar.

"Sementara itu, kedua pemimpin tentunya juga melakukan diskusi mengenai beberapa isu kawasan internasional. Seperti isu denuklirisasi Semenanjung Korea, isu Myanmar, dan lain-lain," kata Menlu Retno Marsudi di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/7/2022).

Menlu Retno juga mengatakan Presiden Jokowi sudah menyampaikan secara langsung undangan kepada Presiden Yoon untuk menghadiri KTT G20 di Bali. Kerja sama RI dengan Korsel, kata Retno, akan makin erat.

"Tahun depan, tentunya kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan akan lebih intensif, dengan posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan dalam pertemuan dengan Presiden Korsel, dibahas kerja sama pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, termasuk soal pembangunan sistem penyediaan air minum. Jokowi menyatakan Indonesia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Asia Timur.

"Indonesia dan Korea Selatan adalah mitra strategis khusus dan tahun depan kita juga akan memperingati 50 tahun persahabatan dua negara kita," kata Jokowi dalam jumpa pers bersama seperti dilihat di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/7).

Jokowi yakin, di bawah kepemimpinan Presiden Yoon, kemitraan Korsel dan Indonesia akan makin kokoh. Salah satu yang menjadi prioritas ialah kemitraan di bidang ekonomi.

"Kita menyambut baik tren perdagangan bilateral yang terus meningkat dan kita sepakat untuk membuka akses pasar mengatasi hambatan-hambatan perdagangan dan mempromosikan produk-produk unggulan kedua negara," ujar Jokowi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Jokowi dan Presiden Korsel Bahas Mobil Listrik-Pengembangan IKN':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT