ADVERTISEMENT

Polisi Dalami Dugaan @rakyatjelata_98 Dipesan buat Sebar Konten Hoax

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 18:41 WIB
Polda Metro Jaya merilis kasus penyebaran berita bohong atau hoax. Satu orang pemilik akun Snack Video @rakyatjelata_98 ditangkap polisi. Ini tampangnya.
Polisi menangkap pemilik akun @rakyatjelata_98 yang menyebarkan hoax soal Irjen Sambo. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pria berinisial AH (24), pemilik akun Snack Video @rakyatjelata_98, ditangkap atas penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian kepada Irjen Ferdy Sambo dan sejumlah polisi. Polisi kini tengah mendalami kemungkinan @rakyatjelata_98 dipesan untuk menyebarkan berita bohong melalui konten video.

"Sedang kita dalami nanti. Kalau emang ada perkembangan terkait yang dipertanyakan tadi nanti akan kami sampaikan," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Auliansyah menjawab pertanyaan apakah AH dipesan oleh seseorang untuk menyebar hoax.

AH ditangkap pada Rabu (27/7) di Bandung. Polisi menyebut proses pemeriksaan kepada AH masih akan dilakukan.

Auliansyah memastikan pihaknya juga akan menindak tegas kepada pihak yang terbukti memerintah AH dalam membuat konten hoax melalui akun @rakyatjelata_98.

"Jadi memang baru kita lakukan pendalaman terhadap tersangka. Teknisnya sedang kita lakukan, mudah-mudahan tidak ada by order, kalau adapun kita akan tindak," jelas Auliansyah.

Sejauh ini AH melakukan aksinya atas dorongan ekonomi. Pelaku mengaku mendapatkan untung atas pembuatan konten hoax di Snack Video.

Auliansyah menyebut besaran keuntungan dari pelaku mengacu pada jumlah penonton dari konten videonya tersebut.
"Keuntungannya tergantung beberapa banyak yang menonton. Dari hasil keterangan dia mengaku dapat Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu per satu orang (menonton)," ujar Auliansyah.

Hasil penelusuran polisi juga menemukan AH tidak membuat dari awal video hoax yang diunggahnya. Video hoax itu didapat pelaku akun Twitter @opposite6890.

"Akun @opposite6890 ini kan akun anonim. Kita akan lidik (penyelidikan) juga siapa adminnya, kita akan telusuri," jelas Auliansyah.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Pemilik Akun @rakyatjelata_98 Sebar Hoax Pejabat Demi Cuan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT