ADVERTISEMENT

Jokowi Bertemu Presiden Korsel, Bahas Kerja Sama Pengembangan IKN

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 18:11 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah kerja sama pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam jumpa pers bersama seperti dilihat di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/7/2022). Jokowi menyatakan Indonesia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Asia Timur.

"Indonesia dan Korea Selatan adalah mitra strategis khusus dan tahun depan kita juga akan memperingati 50 tahun persahabatan dua negara kita," kata Jokowi.

Jokowi yakin, di bawah kepemimpinan Presiden Yoon, kemitraan Korsel dan Indonesia akan makin kokoh. Salah satu yang menjadi prioritas ialah kemitraan di bidang ekonomi.

"Kita menyambut baik tren perdagangan bilateral yang terus meningkat dan kita sepakat untuk membuka akses pasar mengatasi hambatan-hambatan perdagangan dan mempromosikan produk-produk unggulan kedua negara," ujar Jokowi.

Investasi Korsel di RI

Jokowi menyampaikan, investasi Korsel di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Khususnya di bidang industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik, industri kabel listrik, telekomunikasi, hingga energi terbarukan.

"Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon secara khusus saya mendorong kerja sama investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia. Termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik," imbuh Jokowi.

Setelah itu, Jokowi menjelaskan soal kerja sama Korsel dan Indonesia dalam pengembangan IKN. Salah satunya terkait pembangunan sistem penyediaan air minum.

"Kita juga telah memulai kerja sama dalam pengembangan ibu kota baru Nusantara, antara lain kerja sama di bidang pembangunan sistem penyediaan air minum, dan capacity building di bidang pembangunan smart city," imbuh Jokowi.

Di akhir pernyataannya, Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan Korsel terkait presidensi G20 Indonesia. Jokowi menantikan Presiden Yoon hadir di KTT G20 di Bali.

(knv/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT