Truk Angkut Pesawat Bikin Macet di Bogor, Polisi: Patuhi Jam Operasional

ADVERTISEMENT

Truk Angkut Pesawat Bikin Macet di Bogor, Polisi: Patuhi Jam Operasional

Muchamad Sholihin - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 20:58 WIB
Pihak kepolisian mendatangi gudang penampungan potongan pesawat di Kemang, Kabupaten Bogor terkait viral truk angkut potongan pesawat bikin macet Jalan Raya Parung-Bogor.
Polisi mendatangi gudang penampungan potongan pesawat di Bogor (Foto: dok. Polsek Kemang)
Jakarta -

Truk pengangkut potongan pesawat sempat menghebohkan warga karena membuat macet Jalan Raya Parung-Bogor, Jawa Barat (Jabar). Polisi mengimbau pemilik gudang penampungan potongan pesawat agar pengangkutan dilakukan pada malam hari sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Upaya dari Polsek, mengimbau pemilik gudang untuk mematuhi aturan jam tentang pengangkutan barang menggunakan kontainer," kata Kapolsek Kemang Kompol Ari Trisnawati, Rabu (27/7/2022).

Ari menyebut pihaknya sudah menemui pihak pemilik gudang penampungan potongan pesawat di kawasan Kembang, Kabupaten Bogor. Ia mengimbau pengangkutan potongan pesawat dilakukan malam hari.

Ari menyebutkan, lalu lintas kendaraan besar di Kabupaten Bogor sudah diatur melalui Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 120 tahun 2021 tentang Waktu Operasional Kendaraan Angkutan Tambang, Truk Tambang, bisa beroperasi pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Yang jelas sesuai peraturan itu, (operasional truk besar) harus malam hari. Polsek mengimbau saja supaya tidak terulang lagi," kata Ari.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan kemacetan di Jl Raya Parung-Bogor viral di media sosial. Kemacetan terjadi karena adanya truk yang mengangkut bagian pesawat.

Kades Jampang, Parung, Kabupaten Bogor, Wawan, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (26/7), pukul 06.45 WIB. Wawan membenarkan adanya kemacetan akibat truk trailer yang mengangkut pesawat.

"Itu memang benar kejadiannya, informasi warga saya itu kejadian macet di jalan Raya Jampang karena ada truk angkut pesawat. Kejadiannya itu tadi pagi, jam 06.45. Jadi bukan pesawat nyangkut di jalan, ya, tapi memang sedang diangkut pakai truk trailer gitu," kata Wawan ketika dimintai konfirmasi, Selasa (26/7).

"Saya juga bingung kenapa dia angkut siang begitu, biasanya nggak siang. Ditambah lagi kondisi pertigaan Jampang itu kan sedang ada perbaikan jalan, jalur di situ juga lagi ada contraflow sebagian," tambahnya.

Wawan menyatakan kemacetan tersebut tidak berlangsung lama. Pesawat itu diduga diangkut dari luar Bogor menuju penampungan bangkai pesawat di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor.

"Itu kemungkinan ya mau dibawa ke gudang penampungan yang di Kemang itu. Kan memang ada nampung bangkai pesawat gitu kan di sana," terangnya.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT