ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Kabel Optik Semrawut yang Jadi Jemuran di Ciputat Timur Dirapikan

Khairul Ma'arif - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 19:22 WIB
Kabel semrawut di Ciputat Timur setelah dirapikan.
Kabel semrawut di Ciputat Timur setelah dirapikan. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kabel fiber optik semrawut di Jl Tarumanegara, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, Banten, sudah dirapikan. Sebelumnya, kabel tersebut menjuntai hingga bisa digenggam, dan dipakai warga untuk menjemur pakaian sebagai aksi protes.

"Setidaknya sudah sedikit dibenahi dulu. Kondisi terakhir seperti ini," ujar Lurah Pisangan Tubagus Apriliadhi saat dihubungi, Rabu (27/7/2022).

Dilihat dari foto yang dikirim oleh Tubagus Apriliadhi, tampak titik tempat kabel menjuntai yang dipakai jemur warga sekitar sudah meninggi. Meskipun tidak terlalu rapi, tetapi letak kabel lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Sebelumnya, kabel menjuntai ke bawah ini hingga dapat digapai orang. Sementara kondisinya hari ini sudah lebih tinggi sehingga tidak menyangkut pejalan kaki ataupun pengendara bermotor.

Kabel semrawut di Ciputat Timur setelah dirapikan.Kabel semrawut di Ciputat Timur setelah dirapikan. (Foto: dok. Istimewa)

Tubagus mengungkapkan, kabel fiber optik yang menjuntai dan dipakai warga menjemur baju kondisi sudah ditarik. Hal ini dilakukan agar kabel tersebut tidak terlalu menjuntai hingga mengganggu pengguna jalan.

"Emang ora (tidak) enak dipandang banyak kabel. Sudah tidak separah kemarin (menjuntainya), tapi masih kendor kabel," tuturnya.

Menurutnya, kabel yang menjuntai kondisinya sudah lebih baik. Kata Tubagus, ini baru perbaikan awal saja agar lebih enak dipandang mata atas kabel tersebut.

"Insyaallah sementara ini baru yang bisa dilakukan, mungkin ke depannya akan dipendam biar tidak menjuntai lagi," ungkapnya.

Warga di Ciputat Timur menjemur baju di kabel optik yang menjuntai di Jl Tarumanegara, Pisangan, Ciputat Timur, Tangsel. 24 Juli 2022. (Sumber: Warga bernama Saidna Ali)Warga di Ciputat Timur menjemur baju di kabel optik yang menjuntai di Jl Tarumanegara, Pisangan, Ciputat Timur, Tangsel. 24 Juli 2022. (Sumber: Warga bernama Saidna Ali)

Sebelumnya, beberapa warga lainnya yang dikomandoi Saidna Ali melakukan aksi protes karena kabel fiber optik yang menjuntai tersebut. Aksi protes yang dilakukannya ialah dengan menjemur pakaian di kabel fiber optik tersebut.

Aksi ini dilakukan pada kemarin, Minggu (24/7) pagi. Menurutnya, tujuan dari aksi tersebut agar ada perbaikan dari kondisi kabel fiber optik yang menjuntai.

"Jadi gini terkait aksi protes jemur baju di kabel yang menjuntai itu karena kami yang tinggal di sekitar situ cuma sepuluh meter. Udah lama banget kabelnya seperti itu kondisinya kita lihat kan sakit itu kan mata. Kita berharap segera diperbaiki lah kondisi kabel menjuntai itu," katanya saat dihubungi, Senin (25/7).

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT