Sopir Odong-odong Tertabrak Kereta di Serang Jadi Tersangka

ADVERTISEMENT

Sopir Odong-odong Tertabrak Kereta di Serang Jadi Tersangka

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 15:57 WIB
Sopir Odong-odong Tertabrak Kereta di Serang Jadi Tersangka
Sopir Odong-odong Tertabrak Kereta di Serang Jadi Tersangka (Bahtiar/detikcom)
Serang -

Sopir odong-odong yang tertabrak kereta di Kragilan, Kabupaten Serang, berinisial JL (27), ditetapkan menjadi tersangka. Pelaku dinilai lalai sehingga mengakibatkan 9 penumpang tewas dan 24 orang luka-luka.

"Sesuai alat bukti yang telah dikumpulkan, penyidik berkeyakinan dan telah menguji keyakinan menetapkan JL usia 27 tahun yang adalah warga Sentul, Kragilan, sebagai tersangka. Per tanggal 27 Juli 2022," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga, Serang, Rabu (27/7/2022).

Tersangka langsung ditahan untuk 20 hari ke depan di Polres Serang Kota untuk melengkapi berkas penyidikan. Pelaku diancam Pasal 310 ayat 2, 3, dan 4 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009. Ancaman hukumannya maksimal penjara selama 6 tahun.

"Pasal yang memang digunakan untuk melapis dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun penjara dan denda maksimal 12 juta," kata Shinto.

Shinto mengatakan penyidik telah memeriksa 4 saksi pada kasus tersebut, khususnya mereka yang ada di sekitar tempat kejadian perkara di perlintasan kereta api Kampung Silebu.

Penyidik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap korban yang selamat, khususnya pada 13 orang korban yang baru meninggalkan rumah sakit pada hari ini.

"Ini (saksi) kita tambahkan terus dengan penambahan saksi lainnya," katanya.

Dia melanjutkan, data terakhir penumpang odong-odong itu totalnya adalah 33 orang plus tersangka sebagai sopir. Sebanyak 9 orang meninggal dunia dan 24 penumpang mengalami luka baik berat maupun ringan.

Dari 24 penumpang terluka, pada hari ini sudah ada 13 orang di antaranya dinyatakan bisa kembali ke rumah.

"Sudah kembali ke rumah dan dijemput oleh teman-teman penyidik untuk bisa dimintai keterangan guna menggali fakta hukum yang bisa menjerat kepada tersangka," ujarnya.

Simak Video: Sederet Fakta Odong-odong Vs Kereta Tewaskan 9 Orang di Serang

[Gambas:Video 20detik]



(bri/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT